Mammoth

Apa yang ada dipikiran saat melihat video diatas? Video yang menurut keterangan dishoot pada tahun 1943 oleh seorang anggota NAZI, Holger Hildebrand, saat diusir tentara Rusia bersama dengan rekan – rekannya sesama Nazi yang menjadi POW ( Prisoner of War ). Mereka menjalani apa yang disebut death march ( pengusiran paksa tahanan perang ) menuju ke kampung halamannya atau menempati kamp tahanan yang baru. Dalam Death March semua tahanan diharuskan berjalan kaki.

Video diatas menangkap gambar seekor hewan yang dikatakan telah punah sekitar 12.000 atau 10.000 tahun yang lalu dan diberi nama “Mammoth”. Mammoth ini masih jenis gajah hanya memiliki bulu tebal dan gading yang lebih panjang. Habitatnya adalah lingkungan bersuhu dingin ( es ) dan sebarannya mencapai Eropa, Afrika, Asia, dan Amerika Utara.

Video diatas diklaim direkam saat Holger Hildebrand bersama rombongannya melintas Kota Yakutsk Repulik Shaka yang masih tergabung dalam pemerintahan Rusia. Daerah ini dikenal memiliki cuaca dingin yang ekstrim. Pernah tercatat ketika musim dingin suhu mencapai -67.8 celcius pada tahun 1892 dan -71.2 pada tahun 1926.

Jika melihat pada cuaca yang sedemikian dingin maka kemungkinan hewan yang telah punah akibat perubahan iklim dan menjadi buruan manusia sangatlah besar. Melihat pula pada fakta Republik Shaka berada pada bentangan daerah Siberia yang meliputi 77 % wilayah Rusia dan saat ini hanya ditinggali 28 % dari total populasi penduduk Rusia, bisa jadi ini merupakan tempat tinggal yang jauh dari buruan manusia.

Tetapi apakah mungkin ada satu atau dua mammoth yang selamat dari kepunahan? tentunya dengan menimbang fakta jika ada yang masih selamat maka mungkin juga grup kecil mammoth masih hidup sampai saat ini. Memang untuk urusan bertahan hidup agak sulit untuk mencari jawabannya. Meskipun jika disodorkan fakta bahwa ditempat tersebut memiliki cuaca dingin yang ekstrim, masih akan ada suara skeptis yang menyebutkan bahwa kondisi iklim 10.000 tahun yang lalu tentu jauh lebih dingin.

Namun ternyata penampakan mammoth atau gajah purba bukan hanya datang dari tahun 1943 saja. Masih ada beberapa laporan pertemuan manusia dan mammoth. Beberapa bisa dinilai sebagai fakta, beberapa lagi adalah fiksi belaka. Dibawah ini beberapa kisah yang dianggap banyak pihak merupakan keterangan akurat :

1. Pada 2 Maret tahun 1897, Portland Press menerbitkan wawancara Col. C.F Fowler yang menceritakan bahwa didataran tinggi Alaska masih ditemukan beberapa ekor Mastodon. Hal ini diketahuinya dari keterangan warga yang menjual gading kepadanya yang terlihat baru saja dipotong dari seekor Mastodon. Ketika ia bertanya pada warga bagaimana ciri – ciri binatang tersebut, ia bisa menyimpulkan dengan baik bahwa itu adalah Mastodon.

2. Pada tahun 1920 M.L Gallon penanggungjawab kedutaan Prancis di Vladivostok Rusia mendapatkan cerita seorang pemburu yang melihat sepasang mammoth ketika ia sedang berburu di Taiga ( Boreal Forest ). Pertama kali ia mendapati jejak dengan ukuran 50 x 70 cm dan beberapa dahan yang patah. Didorong penasaran dan melalui perburuan berhari – hari akhirnya ia berhasil menemukan pemilik jejak besar itu. Kepada M.L. Gallon pemburu ini tidak menyebutkan nama Mammoth tetapi ketika ditunjukkan gambar, pemburu itu mengiyakan bahwa yang dilihatnya sama dengan yang ada digambar. Cerita ini dipublikasikan pada tahun 1946, hanya sayangnya telah dicampuri dengan sedikit bumbu fiksi.

3. Seorang Cossack bernama Ermak Timofeyevich melihat gajah berbulu lebat ketika ia melakukan perjalanan dibagian timur pegunungan Ural.

4. Pada tahun 1944 selama perang dunia ke 2 didapatkan juga laporan penampakan mammoth dari udara ( dari dalam pesawat ).

Menimbang fakta bahwa Siberia mempunyai luas 13,1 juta kilometer persegi rasanya masih mungkin ada area – area yang tersembunyi dan belum dijamah manusia sampai hari ini. Area – area ini masih mungkin mempunyai suatu rahasia yang belum diketahui manusia. Bahkan pada tahun 1948 ditemukan mammoth mati yang telah membeku dengan darah dan organ dalam yang masih segar. Ini adalah bukti Siberia masih memiliki banyak misteri bagi manusia.

Sejarah pun pernah mengajarkan manusia agar jangan menyerah mencari bukti kehidupan binatang yang telah divonis punah. Kasus pada ditemukannya Coelacanth yang diprediksi telah punah jutaan tahun yang lalu ternyata masih hidup diperairan Indonesia. Semut Gracilidris yang juga divonis telah mati jutaan tahun lalu ternyata masih hidup dan ditemukan Paraguay, Argentina dan Brazil pada tahun 2006. Cuban Soleonodon yang divonis punah sejak 80 tahun yang lalu ternyata ditemukan kembali pada tahun 2003. Katanya burung Moa yang dibilang telah punah 1.400 SM juga masih hidup namun sulit untuk ditemukan.

So apakah percaya mammoth masih hidup?

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s