Football Glossary : Bicycle Kick / Balik Bandung

Bicycle kick / over head kick / balik bandung

1. Tendangan ini dikenal di Brazil setelah Leonidas Da Silva melakukan tendangan gaya ini pada tahun 1932 dalam pertandingan persahabatan Brazil. Ketika itu masyarakat Brazil menyebutnya dengan nama Bicliceta.

2. Sementara di Cili, tendangan ini diklaim diciptakan oleh Ramon Unzaga Usla pada tahun 1914 dalam satu pertandingan yang diselenggarakan di stadion El Morro. Jurnalis pada saat itu menyebut tendangan ini dengan sebutan “ La Chilena”. Cerita lain menyebutkan bahwa Ramon Unzaga menemukan cara menendang bola seperti ini ketika berlatih di dermaga Talchuano Cili. Ia melompat dengan posisi punggung menghadap tanah, satu kaki direntangkan dan satu kaki dilipat seperti bilah gunting.

3. Namun sejarah lebih lama tentang penemuan tendangan gunting ini dilaporkan ditemukan di Peru pada abad ke 19 dengan nama Tiro De Chalaca atau Chalaca strike ( serangan Chalaca). Pada waktu itu diberitakan bahwa para pelaut asal inggris yang datang ke Peru , tepatnya ke dermaga Callao, mengenalkan sepakbola kepada penduduk local. Pada satu investigasi oleh seorang Jurnalis argentina, Jorge Barazza, para pelaut inggris ini sering mengadakan pertandingan persahabatan dengan penduduk local sekitar dermaga. Dalam satu pertandingan seorang penduduk local keturunan Afrika mengejutkan penonton dengan memperlihatkan sebuah tipe tendangan yang kemudian dikenal dengan nama Tiro de Calaca atau dalam bahasa saat ini dikenal dengan nama bicycle kick.

4. Sementara di Indonesia, khususnya Jawa Barat dikenal dengan istilah Balik Bandung. Tidak ada sejarah pasti mengenai asal usul nama tersebut. Hanya saja ketika itu pemain Persib pada era 60an, MAX Timisela, sering mempraktekkan gaya menendang ini. Bahkan di level timnas pun Max timisela mempunyai rekan yang juga piawai melakukan tendangan ini yaitu Soetjipto Soentoro.
5. Indonesia pernah dikenal seluruh Asia setelah Widodo C Putro mencetak gol dengan bicycle kick ke gawang Kuwait pada piala asia 1996 di Uni Emirat Arab.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s