The Kinroos Incident

Satu artikel di Internet yang saya baru temukan beberapa menit yang lalu mengenai peradaban asing di benua antartika dan ekspedisi besar – besaran militer Amerika Serikat pada tahun 1947 untuk mengetahui hal ini (meskipun terdengar sedikit fiksi) mengingatkan saya pada salah satu misteri terbesar dalam kehidupan yaitu UFO dan alien. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa di antartika sering terdapat penampakan – penampakan pesawat yang melebihi teknologi manusia saat itu maupun saat ini. Pada akhirnya artikel tersebut ( mungkin nanti saya bagi disini ) membawa ke satu diantara banyak insiden UFO yang menyita perhatian, The Kinroos Incident.

Kejadian ini bermula ketika hari menjelang senja pada 23 November 1953. Radar pertahanan udara Sault Ste. Marie, Michigan menangkap sinyal pesawat yang tidak bisa diidentifikasi terbang dekat Soo Locks ( Sault Locks ). Segera sebuah jet f-89 scorpions terbang dari pangkalan udara Kinross mengejar objek yang tidak dikenal tersebut. F-89 Scorpions sendiri merupakan pesawat terbang buatan Northrop Corporation yang merupakan pesawat tempur masa awal yang menggunakan tenaga pendorong jet untuk terbang. Selain itu pesawat tempur ini dilengkapi guided missile sebagai peralatan tempur bahkan pesawat yang pertama dipersenjatai dengan air to air misil nuklir. Pada saat pengejaran F-89 Scorpions yang take off dari Kinroos dipiloti oleh Felix Moncla dengan co-pilot Robert L.Wilson.

760px-59fis-f-89-goosebay

Melesat mengejar objek terbang tersebut dengan kecepatan 500 mil/jam dan sempat berdekatan pada ketinggian 8000 kaki, namun Robert L.Wilson yang juga dalam cockpit pesawat bertugas sebagai operator radar kesulitan membaca radar sehingga Felix Moncla harus dipandu operator radar di darat dalam pengejaran tersebut.

Disinilah insiden ini mencapai puncaknya. Operator radar didarat ketika F-89 Scorpions dan pesawat tak dikenal tersebut berdekatan masih bisa membaca keduanya dengan dua titik di layar radar. Namun lama – kelamaan dua titik tersebut bersatu menjadi titik tunggal dalam layar. Meskipun pusat kendali radar di darat menganggap bahwa bisa saja saat itu Felix Moncla menerbangkan pesawatnya dibawah objek tidak dikenal tersebut ada kekhawatiran bahwa telah terjadi benturan diantara keduanya. Kekhawatiran tersebut terbukti karena sejak itu, sinyal F-89 tidak terbaca lagi dan Felix Moncla bersama Robert L. Wilson tidak pernah kembali lagi.

First Liutenant.Felix Moncla
First Liutenant.Felix Moncla

Pencarian selama 5 hari berbuah nihil. Tidak jasad ataupun pesawat berhasil ditemukan. Pesawat dan kru dinyatakan hilang tanpa bisa ditemukan. Pihak Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) segera mengeluarkan pernyataan bahwa objek terbang tidak dikenal yang dikejar Felix Moncla adalah pesawat RCAF Dakota C-47. Hanya saja tidak ada yang mempercayai pernyataan USAF.

Bahkan Penyelidik Angkatan Udara menyatakan bahwa Vertigo yang diderita Felix Moncla mungkin menyebabkan F-89 jatuh pada saat pengejaran, walaupun hal ini sendiri tidak bisa dikonfirmasi karena keterangan sakit vertigo tidak termasuk dalam daftar kategori penyebab kecelakaan udara yang dibuat Badan Penyelidik Kecelakaan Udara USAF.

Sedangkan pernyataan lain menyatakan bahwa RCAF Dakota C-47 saat itu dikategorikan UNKNOWN karena terbang keluar dari jalurnya sejauh 30 mil. Hal ini dibantah oleh Gerald Fosberg seorang Pilot RCAF Dakota C-47 dalam satu acara televisi “The Moncla Memories” yang diproduksi Vision TV. Ada pernyataan lain yang dibuat oleh penyelidik angkatan udara bahwa terjadi kontak antara Felix Moncla dengan pesawat F-89 yang ditugaskan mencarinya 40 menit setelah Felix Moncla menghilang dari radar.

Pada tahun 1968, puing – puing pesawat ditemukan di Danau Superior hanya saja tidak ada konfirmasi bahwa yang ditemukan adalah bagian – bagian pesawat F-89 juga hasil penyelidikan terhadap puing – puing ini tidak pernah dipublikasikan, membuat orang semakin bertanya – tanya tentang insiden yang hingga saat ini tidak diketahui kepastiannya. Apa yang dikejar oleh Felix Moncla dan kemana menghilangnya Felix Moncla.

http://www.wikipedia.org
http://ufobc.ca
Ufoevidenc.org

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s