scout needed

Persib kedatangan pemain asal Jepang yang hari ini menjalani trial, Atsushi Yonezawa. Pemain asal negeri Matahari Terbit ini malang melintang di berbagai klub India, Jepang dan Thailand. Satu klub yang menyediakan banyak informasi mengenai pemain berusia 28 tahun ini adalah Royal Wahingdoh FC, klub divisi 2 I-League ( Liga India ). Bahkan ada video kompilasi Atsushi saat mencetak gol untuk Royal Wahingdoh.

Belum jelas siapa yang membawa Atsushi menjalani trial di Persib. Kabar lain menyebutkan bahwa ia datang menawarkan diri, layaknya yang terjadi disepakbola dalam negeri, ketika pemain melamar kesana kemari agar bisa memperoleh pekerjaan sebagai pemain. Karena masih banyak pemain yang belum menggunakan jasa perwakilan (agen) maka kebiasaan ini masih berlaku sampai saat ini.

Menurut situs resmi Persib, http://www.Persib.co.id, Coach Jajang Nurjaman masih menunggu pemain asal Australia untuk mengikuti trial. Pemain ini sekarang berlaga di Liga Yunani. Namun ada pula kabar yang menyebutkan, Mirjan Pavlovic, juga menjadi incaran. Memang belumlah jelas siapa pemain Australia yang dimaksud. Meskipun Mirjan pun berasal dari Australia tetapi ia saat ini membela klub Pune FC di I-league. Pastinya Jajang Nurjaman dalam berita sepekan lalu menyebutkan ia tertarik karena telah melihat rekamannya di Youtube.

Youtube memang saat ini bisa dijadikan referensi untuk banyak hal. Youtube telah bertransformasi dari sebuah ajang sharing video menjadi satu tempat yang bisa dijadikan rujukan. Bahkan tak jarang banyak musisi yang mengawali karir dari youtube. Namun dalam hal pemilihan pemain sepakbola, yang dinilai berdasarkan sisi teknik, sisi kerjasama, dan banyak hal mengenai performanya dilapangan, selayaknya janganlah dijadikan sebagai acuan. Seperti apa yang terjadi pada Atsushi Yonezawa, ia nampaknya memang telah mengumpulkan koleksi – koleksi rekaman pertandingannya, memilah penampilannya yang bagus dan mengupload di youtube. Sehingga yang ditampilkan tentulah yang terbaik.

Durasi pun biasanya tidak lebih dari hitungan menit. Sehingga akan sulit menilai seorang pemain bagus atau tidak. Biasanya seorang pemain yang memanfaatkan youtube sebagai alat promosi akan menunjukkan detik – detik saat gol akan terjadi, baik ia yang mencetak gol ataupun memberi assist. Rasanya jika youtube dijadikan acuan resmi tentu salah besar.

Analoginya adalah ketika Shinta & Jojo melejit lewat karaoke “keong racun” namun ketika Charly membuatkan mereka lagu direkam dengan menggunakan suara mereka sendiri, ternyata hasilnya berbanding terbalik.

Memang masih akan ada trial, biasanya memakan waktu satu sampai dua minggu yang menjadi pengesahan apakah yang diperlihatkan di youtube benar atau tidak. Namun disisi lain, hal ini menunjukkan bahwa perekrutan pemain belumlah sepenuhnya memakai penilaian yang menyeluruh sejak awal. Apa yang saya maksud dengan penilaian menyeluruh yaitu penilaian yang berbasis teknik sepakbola. Saat ini belum sepenuhnya dilakukan, karena seringkali klub masih melakukan seleksi dengan pemain – pemain yang ditawarkan oleh agen pemain.

Selayaknya Persib sudah memiliki tim pemandu bakat baik untuk dalam negeri maupun luar negeri. Tim yang akan terus mengupdate database pemain yang dijadikan incaran dan dirasa sangat dibutuhkan perannya dalam permainan. Tradisi menunggu agen menjajakan pemain sudah harus mulai dikurangi dan mungkin ditiadakan. Karena bisa saja dalam trial selama sepekan menunjukkan hasil yang positif tetapi ketika berlaga malah turun performanya lantas muncullah istilah “kucing dalam karung”. Dengan adanya tim pemandu bakat pemain incaran bisa dipantau bukan hanya selama sepekan tetapi lebih dan lagi ia akan dinilai bukan dalam latihan tetapi dalam laga sesungguhnya.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s