Bye Spain

Sudahlah semua telah berakhir. Semua kemenangan kini tak ada artinya. Seperti halnya pada putaran jam, ketika angka 12 adalah sebuah puncak maka ia akan segera bergeser ke angka 1 dan seterusnya jarum jam akan mendetak ke bawah. Spanyol menjalani nasib Prancis pada Piala Dunia 2002 ketika hanya meraih satu hasil imbang dan dilumat Denmark serta Senegal pada partai grup. Meski datang ke Korea – Jepang dengan status juara bertahan.

 

Gejala – gejala kejatuhan tiki – taka telah nampak memang ketika selepas Liga Champions Eropa musim 2010-2011, Barcelona sebagai pengusung tiki – taka hanya mampu melangkah ke semifinal musim 2011-2012 dan 2012 – 2013. Musim ini bahkan Barcelona hanya menapaki perempatfinal. Sedangkan di level timnas, kemunduran mulai terasa ketika Spanyol dikalahkan Brazil lewat permainan terbuka pada Final Piala Konfederasi 2013.

 

Iker Casillas  yang musim ini tampil 24 kali untuk Real Madrid tampak kelimpungan. Mungkin ia tidak “sepanas” Diego Lopez kiper utama Real Madrid saat ini. Karena dari 24 kali tampil tersebut ia harus mengalami jeda yang cukup panjang karena hanya tampil di Copa Del Rey, Liga Champions dan 2 kali tampil di La Liga. Memang ia berpengalaman, terbukti dengan ban kapten yang melekat dilengannya pun Vicente Del Bosque masih butuh kemampuannya. Tapi masalahnya ia tidak panas, karena tidak menjalani musim yang ketat.

 

Image

 

 

 

Diego Costa yang tampil ditanah kelahirannya, Brazil, gagal menunjukkan performa yang baik. Sumbangsihnya sejauh ini hanyalah gol penalti ke gawang Belanda yang dicetak Xabi Alonso. Terus menerus dihujat para penonton Brazil karena menolak panggilan tanah kelahiran dan memilih Spanyol memunculkan isu bahwa ini hanya semata soal finansial karena Costa telah tampil bersama timnas Brazil ketika berhadapan dengan Italia dan Rusia. Isu ini telah lama dikabarkan oleh Carlos Eugenio Lopez, Direktur Yudisial CBF ( Federasi Sepakbola Brazil). Belum beradaptasinya Costa dengan permainan Spanyol, karena Diego Simeone tidak menggunakan sistem tiki-taka, menjadi salah satu penyebab tumpulnya lini depan Spanyol. Selama 4 kali membela timnas Spanyol, Costa nihil gol. Pada piala dunia 2014 Costa hanya mencetak 5 tembakan.

“Was he worth it?” itulah yang menjadi salah satu judul disitus Goal.com mengenai Diego Costa. Itulah juga yang menjadi pemikiran saya, karena karakter Costa bukanlah “penari” yang meliuk – liuk seperti David Villa. Bukan pula seperti Fernando Torres. Belum tercampur dengan karakter para pemain lain, inilah yang menjadi salah satu kendala Spanyol di Brazil.

Absennya Carles Puyol, cedera dan pensiun dini, rupanya meninggalkan lubang yang besar dilini belakang timnas Spanyol. 7 gol dalam dua laga tentunya tidak mencirikan juara bertahan piala dunia. Sergio Ramos dan Gerard Pique bukanlah pemain biasa – biasa. Kemampuan keduanya diakui dan ini bukanlah pertama kali mereka tampil berdua karena di Euro 2012 mereka tampil berdua disentra pertahanan Spanyol diapit Jordi Alba dan Alvaro Arbeloa. Namun tentunya Euro bukanlah world cup. Tensi dan levelnya berbeda butuh pengalaman seorang Puyol yang sayangnya ia mengalami cedera,

Belum lagi jika dilihat pada susunan pertandingan semalam, Pique disimpan dan diganti Javi Martinez. Jordi Alba memang masih disana hanya tandemnya yang kini berubah bukan lagi Joan Capdevilla, atau Arbeloa tetapi Cesar Azpilicueta. Perubahan – perubahan dilini belakang ini pun layak dicermati sebagai salah satu faktor kandasnya Spanyol.

Pada akhirnya kembali kepada pepatah bahwa roda itu berputar. Kejayaan akan disambut kekalahan, kegembiraan akan disapa duka. Begitulah memang hidup ini berjalan. Kini kita tinggal menunggu seiring semua grup memasuki pertandingan kedua, tensi semakin memanas dan bukan tidak mungkin masih akan ada mantan juara yang terjungkal.

 

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s