Timnas U-19 Bukan Sirkus

“Bagi saya yang terpenting ada ujicoba pada tanggal itu”. Itulah reaksi Indra Sjafri ketika menanggapi timnas U-19 urung tampil di turnamen Cotif Spanyol dan malah mengikuti Hassanal Bolkiah Trophy ( HBT ) pada bulan Agustus nanti. Satu jawaban yang bijak tetapi tidak memuaskan para pendukung timnas yang menginginkan timnas U-19 tampil di Torneo Internacional de Futbol sub-20 COTIF menghadapi tim – tim kuat daripada menghadapi tim – tim yang biasa dilawan Indonesia.

CARTELLL BO 2014.XIQUEtraz.fh11

PSSI memutuskan mengutus timnas U-21 yang mendadak dibentuk bahkan pelatih baru diangkat dua hari yang lalu. Rudy William Keltjes, yang sebelumnya tergabung dalam unsur pelatih timnas U-19 akan menakhodai tim yang dipersiapkan untuk Olimpiade Brazil. Untuk bisa tampil di Brazil 2016 Timnas U-21 akan menempuh jalur Piala Asia U-22 2015 dan harus minimal masuk 3 besar diakhir kompetisi agar mendapatkan tiket lolos ke Olimpiade. Piala Asia U-22 adalah edisi kedua turnamen. Pada edisi perdana Indonesia tidak lolos kualifikasi. Saat itu Indonesia ditangani Aji Santoso dan memainkan kualifikasi di Pekan Baru. Indonesia U-21 kala itu gagal lolos setelah hanya meraih 3 kemenangan dan dua kali kalah dari Australia dan Jepang.

Menakar peluang maka Timnas U-19 adalah paling berpeluang untuk memberikan prestasi. Timnas U-19 telah memberikan bukti dengan menjadi juara AFF Championship 2013. Catatan pertandingan dalam tour nusantara jilid I dan II terhitung bagus. Ujicoba dengan negara, timnas U-19 membukukan 4 kemenangan atas negara – negara timur tengah yang terhitung selalu menyusahkan bahkan di level senior. Pun 3 kemenangan diraih saat menjalani partai tandang.

Baru dari segi prestasi belum soal lama waktu tergabung. Indra Sjafri dan tim telah menginvestasikan banyak waktu untuk memantapkan, membangun kekompakan dan menerapkan strategi permainan yang masih bisa diandalkan sampai saat ini. Level lawan harusnya semakin naik bukan sama saja dan itu hanya akan didapat di turnamen Cotif. Sebelumnya timnas U-19 pun telah dianggap sebagai rombongan “SIRKUS” ketika harus menjalani tour nusantara sampai dua kali. 21 kali bertanding melawan kualitas lawan yang sama. Indonesia tidak pernah kalah jelek – jeleknya hanya imbang.

Timnas U-19 ditargetkan lolos ke Piala Dunia U-20 pada tahun 2015. Untuk bisa lolos Indonesia minimal harus berada diperingkat 4 diakhir kompetisi. Bukan sesuatu yang ringan mengingat kualitas lawan – lawan yang bagus. Agar mampu bersaing, timnas U-19 harus terus menempa diri bertemu lawan – lawan dengan level diatas mereka.

HBT ( Hassanal Bolkiah Trophy ) memang sesuatu yang perlu juga untuk diraih agar kepercayaan diri Indonesia semakin bagus. Tetapi pada tahun 2012 yang lalu, timnas U-21 yang dikirim mengikuti turnamen ini dan meraih posisi runner up setelah dikalahkan tuan rumah, Brunei Darussalam. Kenapa tidak kali ini timnas u-21 kembali yang dikirim. Mengingat persiapan mereka yang dadakan juga jadwal kualifikasi Piala Asia U-22 yang belum dirilis AFC. Segala sesuatunya belum jelas untuk Rudy Keltjes sedangkan Indra Sjafri sudah mempunyai alur waktu yang pasti.

Rapat Komite Eksekutif pada hari Rabu, 23 Juli kemarin membuahkan keputusan ini. Salah satu pertimbangan mengutus timnas u-19 ke HBT 2014 adalah karena diturnamen Cotif pesertanya campuran yaitu negara dan klub. Alasan yang perlu dipertanyakan karena baru saja timnas U-23 bertanding melawan klub Italia dan beberapa waktu yang lalu timnas senior pun ke Spanyol beruji coba dengan Villareal serta tim gado – gado Asean All Stars. Apakah ini terkait dengan permintaan dari panitia HBT??

Entahlah…yang pasti saya ucapkan “Taqabalallahu Minna Wa Minkum…Mohon Maaf Lahir Batin dan Selamat Idul Fitri 1435 H bagi Sahabat Semua”.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s