Mutiara Hitam Berkilau

Akhirnya rekor pun pecah. Diawali dengan kiprah PSMS Medan pada 2009, prestasi terbaik klub Indonesia hanya sampai babak 16 besar dan perempatfinal. Kini Persipura Jayapura dengan mantap menatap semifinal bahkan melalui aggregrat 8-4 atas juara bertahan AFC Cup 2013, Al Kuwait SC. Tidak ada yang akan menyangka klub berjuluk “Mutiara Hitam” ini lolos ke semifinal karena pada tahun 2011 di perempatfinal mereka takluk dari wakil timur tengah asal Irak, Arbil.

Pencapaian Persipura ini layak diapresiasi. Karena selain mereka merobohkan “mitos” hanya sampai perempatfinal, Boaz Solossa serta kompatriotnya juga meruntuhkan dominasi negara – negara timur tengah atas Indonesia di level kompetisi klub. Persipura menghajar al-Kuwait SC dengan setengah lusin gol kemarin (26/08) di Jayapura setelah sebelumnya hanya kalah tipis 2-3 dikandang Al-Kuwait.

Leg I

Leg II

Kini klub yang dibesut pelatih asal Brazil, Jacksen F Tiago, akan menghadapi Al-Qadsia Kuwait pada 16 September dan 30 September nanti. Al-Qadsia lolos ke semifinal setelah mengalahkan wakil Bahrain, Al – Hidd. Pelatih yang menangani Persipura sejak 2008 mengatakan bahwa para pemain memainkan sepakbola berkelas yang menghasilkan sesuatu yang istimewa. Karenanya Jacksen mengucapkan terimakasih kepada para pemain, manajemen, dan pendukung Persipura. Sementara Abdulaziz Hamada mengungkapkan bahwa cuaca yang menghabisi pemainnya dan membuat mereka kehilangan peluang mempertahankan gelar juara. Partai semifinal lainnya mempertemukan Erbil Irak dan Kitchee SC Hongkong.

Peluang Persipura untuk melangkah ke partai final terbuka lebar. Skenario seperti laga awal melawan Al-kuwait SC harus dipertahankan tentunya dengan syarat jangan kalah minimal imbang untuk mengambil kemenangan pada laga kandang di Jayapura. Atau skenario dua kali menang tentulah yang terbaik. Kekuatan Persipura yang bertumpu pada para pemain muda plus para pemain asing yang saling melengkapi seperti Bio Pauline dan pencetak hattrick pada pertandingan kemarin, Robertino Pugliara.

Persipura sedang membuka jalan bagi klub Indonesia lainnya. Setidaknya faktor psikologis klub Indonesia akan meningkat pada edisi AFC Cup tahun depan. So Lead Us the Way Persipura !!!.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s