The Lagarfljótsormur

The Lagarfljótsormur. Harus melihat dan mengeja kata ini lebih dari sekali untuk bisa melapalkan meski masih secara letterlijk dengan abjad versi Indonesia belum sesuai dengan pelapalan negara asal kata. Apalagi ketika harus membunyikan “fljot” apakah jadi ployt, foyt, floyt, atau jeletot ( terpengaruh dengan ide – ide cemilan yang juga muncul disaat bersamaan ).

Anyway, Kata diawal alinea pertama jika ditranslate ke bahasa Inggris menjadi Lagarfljot worm atau terjemahan lebih mudah Iceland Worm Monster atau Monster Cacing Islandia. Lagarfljot sendiri adalah nama sebuah danau di Islandia yang menjadi pusat kehebohan karena sejak tahun 1345 hingga saat ini banyak sekali laporan pandangan mata dari saksi – saksi yang melihat makhluk misterius berenang disana.

Menurut saksi panjang cacing ini atau juga sering disebut sebagai ular karena kemiripan bentuk tubuh sekitar 300 kaki atau dalam skala yang lebih bersahabat dengan pengajaran Indonesia, 91 meter. Bukan hanya itu makhluk misterius ini juga menurut beberapa saksi sering keluar dari air, berjemur didarat dan masuk ke hutan yang mengelilingi danau.

Makhluk misterius ini sendiri mempunyai legenda dalam folklore Islandia. Awalnya ia merupakan binatang yang disebut lingworm ( ada juga yang menyebutkan sejenis kadal) biasa namun cincin emas yang disimpan bersamanya milik seorang gadis, pada awalnya menurut ibu si gadis bahwa cincin ini akan mendatangkan keberuntungan jika disimpan bersamanya, membuat tubuhnya semakin tumbuh dan jadilah ia monster yang meneror dan menghancurkan kampung si gadis ( tega banget si ibu ngasih saran yang ga bener!!). Dua orang diperintahkan untuk membunuh makhluk ini tetapi hanya berhasil menenggelamkan ke dasar danau karena menurut mereka masih ada makhluk lain yang lebih besar didasar danau.

Back in the modern days, Hjortur E. Kjerulf pada bulan Februari di tahun 2012 membuat heboh karena memamerkan hasil rekaman video miliknya yang ia percayai merupakan Monster Cacing legendaris ini. Kjerulf merekam pergerakan makhluk di air danau yang tertutup es ini dari jendela dapurnya karena kebetulan rumahnya memang disamping danau Lagarfljot. Video ini sangat terkenal sehingga kisah cacing monster ini hampir menyaingi legenda Loch Ness dari Skotlandia bahkan telah ditonton sebanyak 8 juta kali.

Menariknya, entah dengan tujuan apa, Pemerintah daerah timur Islandia mensahkan video ini dan menyatakan video ini ASLI. Sebelum menyatakan video ini memang penampakan si cacing misterius, Pemerintah Daerah tersebut membentuk sebuah komisi untuk menyelidiki video yang berdurasi 31 detik ini. Dengan pernyataan keabsahan ini, Kjerulf memperoleh hadiah dari pemerintah sebesar 4.300 Dolar. Meskipun seperti biasa, masih banyak orang yang sanksi atas keberadaan Lagarfljotsormur. Disisi lain, mungkin juga akan berpengaruh kepada tingkat pariwisata daerah setempat.

Well meskipun kontroversial, langkah Pemerintah Daerah ini perlu diapresiasi karena seringkali pemerintah menyatakan “tidak ada” terhadap sebuah fenomena tetapi mereka terus memantau perkembangan dari sebuah fenomena bahkan mengadakan penelitian rahasia. Pun jika dihubungkan dengan legenda asal muasal Lagarfljotsormur, justru ada kaitannya karena Kjerulf akhirnya menjadi pihak yang beruntung dapat emas ( baca : uang ) sesuai nasihat ibu si gadis dalam legenda.

sumber :
wikipedia.org
merdeka.com
youtube.com

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s