Mars

mars-traffic.si

Planet Mars kembali membuat cerita. Planet urutan ke-4 dari matahari dan kedua terkecil dalam galaksi bimasakti terus menerus mengundang rasa penasaran manusia. Rasa penasaran dengan satu pertanyaan yaitu apakah Mars mampu menjadi rumah kedua bagi manusia setelah bumi?. Penasaran ini telah membuat beberapa negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Negara – negara Eropa dan Jepang mengirim pesawat tanpa awak yang mampu menangkap informasi – informasi tentang kondisi alam di planet Mars. Termasuk India yang pada tanggal 24 September lalu dengan misi Mangalyaan menyelidiki Mars dengan pesawat orbiternya.

Namun tiada yang memunculkan kehebohan seperti hasil – hasil foto dari pesawat – pesawat yang dikirimkan oleh NASA ( BADAN ANTARIKSA AMERIKA SERIKAT ). Dari beberapa foto yang dirilis ke publik selalu saja memunculkan cerita – cerita seperti adanya makhluk mirip primata yang terabadikan dalam foto, tikus, cahaya misterius, tulang belulang, batu mirip kucing dan banyak lagi. Terakhir kehebohan terjadi karena adanya susunan batu yang menyerupai lampu lalu lintas dibumi ( foto diatas ).

622x350

Tentu saja hal ini masih sangat diperdebatkan. Hanya saja adanya susunan bebatuan yang cukup mengundang pertanyaan, karena jika dilihat dari bentuknya seperti pahatan buatan pastinya akan memunculkan berbagai macam pendapat. Bahkan juga ada yang mengatakan bahwa sesungguhnya Mars tidaklah tandus tetapi hasil foto yang disiarkan ke publik telah diedit agar menampakkan mars planet yang kering.

Dugaan adanya editan foto Mars sempat muncul pada awal tahun ini dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh NASA. Pada kesempatan itu diperlihatkan foto Mars yang mempunyai langit biru layaknya bumi. Padahal selama ini publik diberikan pemahaman bahwa langit di Mars adalah merah sehingga julukan bagi Mars adalah “Red Planet”.

Eksplorasi manusia ke planet Mars juga adalah untuk mengetahui apakah ada makhluk hidup disana. Perdebatan masih berlanjut mengenai hal ini. Teori menyebutkan bahwa sempat Mars mempunyai kehidupan hanya kemudian punah. Pada tahun 1970an debat sempat terjadi terkait hasil sample pesawat Viking. Beberapa ahli menyebutkan Viking telah menemukan tanda – tanda kehidupan di Mars sedangkan menurut ilmuwan lainnya sample yang dibawa Viking tidaklah cukup untuk menyimpulkan bahwa Mars menyimpan kehidupan.

Mars akan terus membuka cerita – cerita baru dimasa depan. Bahkan mungkin saja satu saat manusia akan dipindahkan ke Mars jika Bumi sudah tidak mampu lagi menopang kehidupan, karena inilah dari beberapa referensi alasan eksplorasi mars yaitu mencari tempat tinggal baru untuk manusia.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s