This Is It, Indonesia U-19 !!

This is it. Segala kerja keras, persiapan, kemenangan, kekalahan menyatu menjadi sebuah harapan luhur berjaya dipentas dunia. Jalan menuju kesana tengah diretas. Hanya selang beberapa jam lagi, timnas Indonesia U-19 memulai langkah pertama mereka menuju Piala Dunia U-20 Selandia Baru tahun 2015. Langkah pertama akan sangat menentukan. Semoga saja mereka tidak lelah sebelum bertarung dilaga nyata.

Akhir bulan September dan awal bulan Oktober 2014 adalah masa kesedihan sepakbola Indonesia. Dua kata nyaris menghiasi masa ini. Tapi nyaris bukanlah sebuah kisah yang bisa terlalu dibanggakan. Bahkan sejarah cenderung tidak akan menuliskan kata nyaris. Nyaris hanyalah sempalan dalam sebuah alur kisah utama. Kita nyaris juara AFF Futsal Championship dan kita nyaris menuju final AFC Cup. Sementara untuk timnas U-23 tak ada kata nyaris karena mereka terhenti ketika masih jauh menuju puncak. Adapun kita nyaris diimbangi oleh Kamboja.

Berbusa – busa mulut para pendukung Indonesia berikrar timnas U-23 meraih medali Asian Games. Sesuatu yang tak pernah diraih hanya mimpi belaka selama ini. Tetapi riuhnya dukungan suporter setia sepakbola Indonesia tidak pernah sejalan dengan keinginan PSSI. Karena PSSI hanya menargetkan lolos dari babak grup Asian Games selanjutnya hanyalah bonus. Kesamaan visi dan mimpi adalah penting. Meski masyarakat hanyalah sebuah objek disini. Kali ini semuanya sejalan. Masyarakat ingin timnas U-19 lolos ke piala dunia pun dengan PSSI.

Timnas U-19 adalah tim tersibuk, terpadat dalam latih tanding. Uzbekistan, Uni Emirat Arab dan Australia lawan – lawan Indonesia di Grup B tidak menjalani ujicoba seketat timnas U-19. Hal yang wajar karena ketiadaan kompetisi U-19 di Indonesia. Indonesian Super League U-21 pun sebenarnya tidak memberikan sesuatu yang cukup dalam pembinaan. Satu klub hanya bertanding 6 kali jika hanya sampai dibabak grup. Sehingga normal saja jika pelatnas di Indonesia harus selalu panjang karena minimnya kompetisi yang berjenjang dan ketat. Hanya kembali semoga mesin timnas U-19 tidak mogok dan tersendat layaknya ketika Hassanal Bolkiah Trophy.

Timnas-U-21-Gantikan-Timnas-U-19-di-Turnames-COTIF-Valencia

Kekuatan timnas U-19 adalah kekompakan dalam bermain. Senjata utama adalah pola permainan bola-bola pendek, dan serangan melalui para penyerang sayap yang mempunyai kecepatan. Namun kekuatan ini sekaligus kelemahan Evan Dimas dkk. Timnas U-19 tidak pernah memainkan pola dan formasi yang lain tetap satu penyerang yang diapit oleh dua penyerang sayap. Satu playmaker yang dikawal dua gelandang. Tak pernah berubah sedari menjuarai AFF U-19 tahun 2013. Sekalipun dalam kondisi stuck, permainan terhenti, pola itu tidak pernah berubah.

Satu yang tidak pernah berubah adalah semangat dan kemauan anak – anak asuhan Indra Sjafri ini. Mereka tidak pernah menundukkan pandangan dihadapan lawan. Berani mengambil resiko, berani untuk beradu fisik, berani demi kemenangan Indonesia. Jika semuanya bisa lawan hentikan, semoga saja semangat pantang menyerah ini bisa menjadi jawaban untuk mengalahkan lawan.

Harapan masyarakat sudah sedemikian tinggi bagi anak – anak muda ini. Mereka adalah sorotan utama sejak menjuarai AFF Youth Championship dan mengalahkan Korea Selatan. Tour nusantara yang digelar dua jilid selalu menghadirkan ribuan penonton. Semoga saja popularitas ini tidak melenakan dan menghancurkan mereka.

Memang sulit mengatakan ini karena menjadi tambahan beban bagi mereka. Namun perlu disadari oleh para punggawa timnas U-19 bahwa untuk saat ini mereka adalah harapan satu – satunya Indonesia. Kita tidak yakin timnas senior bulan depan akan menjuarai AFF Cup sekalipun Alfred Riedl kembali karena pelatih Austria ini belum punya prestasi apa – apa di Asia Tenggara. Jadi kita mengandalkan timnas U-19 untuk menjadi pembuka jalan prestasi Indonesia. Semoga semuanya berjalan sesuai rencana, semoga takdir kita adalah Piala Dunia U-20 2015.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s