Peraturan Memburu Yeti Tahun 1959

YetiMemoFinal.jpg.CROP_.article920-large

Foto diatas merupakan dokumen Kedutaan Besar Amerika Serikat di Nepal sekaitan dengan pencarian Yeti. Yeti adalah makhluk misterius sejenis Bigfoot dengan ciri fisik yang hampir sama tetapi hanya beredar disekitar Nepal, Bhutan, Cina, India, Mongolia dan Rusia atau secara umum makhluk ini berkeliaran di wilayah pegunungan Himalaya.

Laporan penampakan Yeti telah datang dari sekitar sebelum abad 19. Sejak itu Yeti mengundang banyak perhatian para peneliti bahkan pada akhir era 1950an, seorang miliuner minyak asal Amerika Serikat, Tom Slick, mengeluarkan biaya besar untuk mencari Yeti. Sebelumnya pada tahun 1953, Sir Edmund Hillary saat melakukan ekspedisi mendapati jejak – jejak berukuran besar yang diyakininya milik Yeti. Dua tahun sebelumnya, Eric Shipton juga menemukan jejak seperti itu dan berhasil mendokumentasikannya kedalam bentuk foto. Bukti jejak bukan hanya datang dari era 1950 tetapi pada tahun 2008 grup peneliti Jepang juga berhasil menemukan jejak dan mendokumentasikan jejak itu.

Kembali ke foto diatas. Dokumen tersebut berisi himbauan dan peraturan bagi siapapun yang berniat untuk meneliti Yeti. Jika dibeberapa situs yang juga memuat cerita tentang dokumen ini menyebutkan bahwa ini adalah indikasi pengakuan Pemerintah terhadap keberadaan Yeti, bagi saya ini hanya sebuah ancang – ancang Pemerintah jika saja Yeti berhasil dibuktikan. Karena sisi Pemerintah dalam hal makhluk – makhluk misterius seringkali berdiri dalam dua pandangan antara membantah dan percaya.

Isi dokumen itu jika diterjemahkan adalah :

1. Biaya Izin ekspedisi Yeti yang harus dibayarkan kepada Pemerintah Nepal;

2. Jika Yeti ditemukan / diketahui keberadaannya maka diperbolehkan mengambil dokumentasi atau menangkap tetapi dilarang untuk dibunuh kecuali dalam situasi membela diri.Dokumentasi foto yang didapatkan baik Yeti dalam keadaan hidup atau mati harus segera diserahkan ke Pemerintah Nepal;

3. Berita dan laporan yang memberikan perkembangan atau mengindikasikan keberadaan Yeti harus diserahkan kepada Pemerintah Nepal sesegera mungkin dan dilarang diberitakan kepada Pers tanpa izin Pemerintah Nepal.

Ya inilah kebijakan dua kaki milik pemerintah. Disatu sisi mereka memberikan opini bahwa makhluk semacam ini tidak ada tetapi disisi lain mereka berjaga – jaga, mungkin juga percaya, jika makhluk ini terbukti hidup. Selain itu surat tertanggal 10 Desember 1959 ini juga membuat Pemerintah tidak harus cape – cape ikut mengejar makhluk misterius ini, cukuplah oleh para peneliti tetapi hasilnya, pada akhirnya, pemerintah yang mendapatkan.

sumber

http://www.thomsquatch.com

http://www.dailymail.co.uk

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s