Rendlesham Forest Incident

Hangar 10. Film berformat dokumenter menceritakan para pemburu Unidentified Flying Object ( UFO ). Hangar 10 mengambil setting di Inggris tepatnya, hutan Rendlesham, terletak di wilayah Suffolk sebelah timur kota Ipswich. Pada kejadian sejarah nyata hutan ini pada tahun 1980 menggemparkan masyarakat Inggris karena dalam dua hari pada tanggal 26 dan 28 Desember 1980, serangkaian penampakan cahaya, kemungkinan pendaratan pesawat bahkan beberapa pesawat tidak dikenal terjadi di areal hutan seluas 15 kilometer persegi. Menariknya bukan hanya masyarakat yang menjadi saksi tetapi juga para serdadu Angkatan Udara Amerika Serikat ( USAF ) yang menggunakan pangkalan Woodbrige milik Angkatan Udara Inggris ( RAF ).

Menurut beberapa keterangan pada 26 Desember 1980 sekitar pukul 3 dinihari petugas jaga di pangkalan Woodbridge melaporkan menyaksikan cahaya aneh mendarat di hutan Rendlesham. Penasaran, petugas jaga mencoba mencari tahu pesawat apa yang mendarat. Seketika mendekati lokasi cahaya itu turun, petugas jaga menyaksikan objek metalik yang bercahaya dan diliputi semacam asap. Ketika objek itu didekati, objek tersebut terbang semakin jauh kedalam hutan.

Salah satu kesaksian kejadian tanggal 26 Desember tersebut datang dari Sersan Jim Penniston yang bukan hanya menyaksikan pesawat tak dikenal tersebut tetapi juga sempat mencatat secara detil bentuk pesawat tersebut termasuk simbol – simbol yang tercetak dibadan pesawat tersebut. Bahkan keterangan yang diperoleh dari Sersan Jim Penniston pada tahun 1994 melalui hpnosis ia mengatakan bahwa pesawat tersebut ditumpangi oleh manusia dari masa depan bukan alien.

headline

Pagi harinya dilakukan pengecekan ke tempat pendaratan cahaya tersebut dan ditemukan tiga jejak yang membentuk segitiga ditanah serta batang – batang pohon yang patah dan terbakar.

Pada tanggal 28 Desember kembali dilakukan pengecekan dengan mengukur tingkat radiasi. Hasil pengukuran tersebut ditemukan radiasi yang melebihi kadar normal. Selama pemeriksaan ulang ini, cahaya terlihat kembali melintas ke arah timur. Bahkan cahaya mirip bintang pun terlihat di selatan dan utara.

Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan bahwa kejadian ini tidak mengancam keamanan negara karenanya tidak perlu dilakukan penyelidikan. Pernyataan ini dirilis oleh Kementerian Pertahanan ke publik. Namun dibalik itu semua mereka tetap mengadakan penyelidikan. Hal ini ditegaskan kepala pangkalan Kolonel Charles Halt. Ia tidak hanya menyangkal pernyataan Pemerintah tetapi juga memang menyelidiki dan saksi mata pada kejadian di hutan Rendlesham ini. Sangkalan lain terhadap pernyataan pemerintah datang dari mantan kepala staf pertahanan Lord Peter Hill-Norton.

Kolonel Charles Halt juga dikenal dengan hasil rekaman kasetnya yang dia buat ketika memimpin penyelidikan pada tanggal 28 Desember. Rekaman yang kemudian jatuh ke tangan para peneliti ini berisi percakapan – percakapan yang terjadi saat penyelidikan. Sayangnya tidak banyak informasi yang bisa didapat karena rekaman ini direkam pada mesin lama sehingga ada sebagian suara yang hilang dan tidak jelas.

Catatan Kepolisian Suffolk tertanggal 26 Desember 1980 yang berisi laporan dari pangkalan udara Woodbridge mencatat penampakan cahaya aneh dilangit, pengiriman personel angkatan udara untuk menginvestigasi.Kemudian laporan ini juga berisikan pengawas udara West Drayton mengkonfirmasi bahwa tidak ada pesawat yang terbang saat itu.

Seperti biasa, kasus penampakan UFO akan menjadi area abu – abu yang menjadi perdebatan. Itupun yang terjadi dengan kasus Rendlesham Forest yang tidak terpecahkan sampai saat ini. Untuk mengenang kejadian pada tahun 1980 ini ada papan informasi berbentuk segitiga yang ditempatkan di hutan ini memuat informasi peta dan keterangan seputar insiden ini.

41656729

Oh ya mengenai film Hangar 10, film dengan tema menarik namun cukup membosankan ini, diakhiri di Pangkalan Woodbridge yang telah kosong ditinggalkan para tentara. Disini ternyata disimpan sebuah pesawat berbentuk segitiga yang berhasil diamankan oleh para tentara pada tahun 1980. Juga kedatangan para alien ini ditandai dengan adanya virus mematikan. Akhirnya pesawat segitiga tersebut diambil kembali oleh para alien dan semua tokoh dalam film Hangar 10 ikut lenyap.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s