Wilujeng Sumping Spasojevic

Akhirnya satu kepingan terakhir yang melengkapi puzzle itu ditemukan. Ilija Spasojevic, pemain Montenegro yang bahkan belum memulai debut kompetitif bersama Pelita Bandung Raya menjadi pemain Persib terakhir melengkapi skuad musim ini. Bergabungnya Spasojevic juga mengakhiri seleksi berbasis prediksi yang menghadirkan belasan nama asing.

Ilija-Spasojevic-lagi-dunk-ah

Spasojevic telah memulai karirnya di Indonesia sejak tahun 2011 ketika bermain di breakaway league, IPL bersama Bali Devata. Setelah itu ia bergabung bersama PSM Makassar selama 2 musim, Mitra Kukar dan Putra Samarinda. Rataan golnya per musim adalah 10 gol. Cukup subur untuk seorang striker.

Dalam tiga pertandingan terakhir Persib Bandung baik di AFC Cup melawan Ayeyawady United dan Lao Toyota FC, serta Turnamen segitiga di Ciamis melawan Persebaya, terlihat jelas bahwa Persib membutuhkan sosok berpengalaman dilini depan. Yandi Munawar belum matang meskipun didikan luar negeri ( Uruguay, Belgia, Australia). Yandi masih memperlihatkan, meskipun  ia merupakan langganan timnas level usia, kurangnya pengalaman dalam bermain. Kekurangannya dalam posession bola yang lemah masih belum diperbaiki.

Rudiyana kurang jam terbang. Ia terlalu lama dipendam oleh Jajang Nurjaman. Terancam menjadi pemain yang gagal mekar meskipun ia disebut mempunyai kemampuan baik. Sementara Tantan bukanlah seorang goal getter, ia lebih sering membuka peluang. Seorang pemberi assist yang bagus.

Kehadiran Spasojevic bisa diharapkan untuk menjawab permasalah mandulnya lini depan Persib. Beruntung Persib memiliki Lord Atep dengan 3 gol dalam 3 pertandingan di AFC Cup. Namun tetap saja skema rapih lewat sayap sering terbuang secara percuma. Melawan Lao Toyota, Persib kesulitan menambah gol bahkan terancam kebobolan jika saja tandukan pemain Lao Toyota tidak mengenai mistar gawang.

Suatu ulasan dalam panditfooball.com menyebutkan bahwa Spasojevic merupakan defensive forward. Pemain depan yang bisa mempertahankan dan membagi bola. Dengan dukungan dua sisi sayap agresif, Spasojevic disebutkan setidaknya bisa menyamai atau melebih rekor gol nya musim lalu.

Kehadiran Spasojevic membuktikan pada akhirnya yang dicari adalah pengalaman. Meskipun 15 belas nama asing hadir mengikuti seleksi  tetapi pada akhirnya pengalamanlah yang menentukan. Patut menjadi catatan bagi Persib musim depan yang saat ini terbantu dengan mundurnya jadwal Indonesia Super League.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s