Know your fish

image

Tulisan ini buat yang mau nyoba-nyoba. That’s my Alli 2. Jenis alligator gar, ikan yang habitat aslinya ada di sungai -sungai Amerika.

Alli 2 ini ampir setaun dipiara setelah kepergian Alli 1 yang mati seketika dipindah tempat penampungannya. Waktu beli panjangnya sekitar 15 cm, sekarang hampir 70 cm dan kehabisan tempat penampungan karena ga ada lahan buat dijadiin kolam.

Buat yang mau mengawali hobi miara ikan dan kebingungan memilih ikan apa untuk dipelihara rasanya harus menggali informasi dulu sebelum memutuskan. Sekarang tidak sulit sebelum pergi ke penjual ikan hias cukup googling dulu saja. Mau yang tipe santai atau tipe ikan makan ikan (bukan cuma temen makan temen).

Karena seringkali penjual hanya memberi tahu tentang jenis makanan si ikan. Tanpa memberi tahu how big can it be. Bagaimana pola makan yang bagus untuk pertumbuhan ikan masih jarang diberikan (berdasarkan pengalaman, mungkin ada penjual yang memberikan informasi lengkap).

Bagi yang mau memelihara jenis alligator sebenarnya ikan ini ga ribet soal ngurusnya. Bahkan ada hiburan tersendiri ketika mereka memakan mangsanya (cause we have beast inside). Tapi karena terhibur itulah dan kurang info kita bisa kaget dengan pertumbuhan cepat. Buat yang memutuskan untuk membeli  jangan keseringan diberi makan. Pakai pola 3 hari sekali atau 2 hari sekali aja. Meskipun pertumbuhan biasanya menyesuaikan ruang tapi tetep aja ketika ikan sudah sebesar ruang yang ada kasian juga ga bisa bebas bergerak.

Ketika membesar kebosanan bisa saja timbul karena gerakan mereka kadang sudah ga terlalu nikmat dilihat lebih asyik memang melihat ketika mereka masih kecil dan berburu. Ketika jenuh jangan sampai memutuskan untuk menelantarkan ia diselokan atau sungai terdekat. Ikan ini adalah predator ganas dan bisa menghabiskan populasi ikan di sungai setidaknya mengurangi drastis.

Cobalah kontak kembali penjual siapa tahu bisa barter atau anda coba jual saja kepada orang yang memang tertarik memelihara. Bisa juga gabung di forum – forum online pemelihara ikan sehingga bisa tahu mau dikemanain kalo udah gede sedangkan tempat udah ga ada.

Mau dimasak dan dimakan sendiri juga bisa. Hanya persiapkan gunting baja atau gergaji besi untuk membuka kulit luar ikan alligator ini.

Memelihara ikan predator adalah keasyikan tersendiri tapi bagusnya tahu dulu ya soal gimana – gimananya.

Posted from WordPress for Android

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s