Kukira teman makan teman

Ikan mas kecil itu (seukuran) 3 cm lepas dari mulut ikan palmas. Seketika merasa senang karena punya sedikit waktu untuk hidup tapi ternyata hanyalah harapan. Karena sekejap ia lepas,masih dalam posisi limbung dengan bekas luka gigitan palmas AKA ikan naga, ia disergap ajal dalam moncong seekor ikan mas!!.

Lah hanya bisa tertegun melihat kejadian yang tersaji dalam adegan hitungan satu detik. Semakin terdiam karena segera menyadari mereka masih keluarga ikan mas. Apakah ikan sudah kena perilaku ‘teman makan teman’??.

Bergaul bersama tukang arang pastilah terkena debu hitam arang, bercengkrama bersama penjual minyak wangi setidaknya akan terbawa harum.

Ikan mas kanibal itu sudah sejak ukuran 5 cm dipelihara. Dia termasuk dalam rombongan ikan mas kecil yang bisa dibeli 5 ribu dapet banyak. Sengaja dipiara karena warnanya yang cukup unik yaitu keperakan.

Dari sejak ukuran kecil ia sudah disatukan dengan ikan yang memang secara kodrat adalah predator. Dari mulai catfish, sili, palmas sempat juga dengan seekor lobster. Kini tambah dengan seekor belida.

Ukurannya kini sudah hampir 15 cm. Dengan tubuh gemuk. Selama ini pakannya pelet biasa dan cenderung jarang makan (keliatannya). Tapi saya baru tahu kalau dia juga sangat suka dengan daging. Apakah ini akibat pergaulan? Karena sejak kecil gaul sama carnivora.

image

Saya pun menanyakan rasa penasaran ini kepada mbah google. Karena sejauh yang saya tahu kalau bangkai ikan masih normal dijadikan cemilan ikan – ikan non karnivora. Tapi yang hidup?. Nah ini saya merasa bersalah kalau ia menjadi sesuatu yang bukan dirinya hiks.

Memang ada keterangan bahwa ikan mas atau dikenal juga dengan nama ikan Karper adalah omnivora. Dari mulai tumbuhan sampai makhluk hidup seperti cacing dan serangga. Kalau udang kecil masih wajar. Masih menjadi rasa penasaran bagiku karena ketika sore menjelang dan saya beri makan ikan mas hidup untuk para karnivora si doi ikutan sibuk juga.

Tapi ya mungkin memang ia adalah pemakan segala bahkan temannya sekalipun yang memiliki latar belakang sama dengannya sebagai ikan yang dijual di toko aquarium tetap ia makan. Kayanya sih langsung maen telen. Setidaknya kini saya tahu dia sudah teman makan teman.

Posted from WordPress for Android

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s