Space War? Mungkin Saja

Sehabis sahur tadi sambil menunggu adzan subuh biar ga ketiduran, saya memilih untuk menyalakan TV. Ada dua film yang menarik perhatian untuk ditonton, pertama film parody Rambo Hot Shot dibintangi Charlie Sheen yang lucunya ga abis – abis dan ga ngebosenin. Bisa jadi contoh film parodi yang bagus karena kebanyakan parodi komedi garapan Hollywood saat ini garing abis. Satu lagi yang akhirnya menjadi pilihan karena belum pernah nonton adalah “Battle in Outer Space”, film garapan Jepang tahun 1959 dan juga dirilis Columbia Pictures setahun kemudian. Film ini mengisahkan tentang bangsa alien yang bernama natal menyerang bumi dengan diawali rangkaian serangan dengan memanfaatkan gravitasi bumi.

Akhirnya para ilmuwan dan pemerintahan diseluruh dunia berkumpul di markas PBB kemudian membangun pesawat tempur luar angkasa. Singkat cerita bumi teuteup aman. Ini hanyalah fiksi tapi cerita yang diangkat difilm ini mengingatkan saya bahwa faktanya memang perangkat pertempuran angkasa saat ini sedang dibuat.

Peperangan diluar bumi kemungkinan bisa terjadi. Alasan paling utama sejauh ini adalah soal satelit – satelit yang diorbitkan oleh manusia dengan berbagai macam tujuan. Setiap negara pasti ingin melindungi satelit mereka dari tindakan pencurian atau juga penghancuran. Oh ya ancaman terhadap satelit ini pernah terjadi pada tahun 1962 ketika Amerika Serikat menguji coba senjata nuklir yang ditembakkan ke luar angkasa untuk mengetahui efek dari gelombang elektromagnetik yang dihasilkan ledakan nuklir, hasilnya semua satelit padam. Sehingga muncullah perjanjian luar angkasa (Outer Space Treaty) pada tahun 1967 dengan salah satu isinya melarang peledakan nuklir diluar angkasa.

Kemungkinan terjadinya peperangan luar angkasa memang sudah diantisipasi oleh beberapa negara dengan membentuk lembaga pertahanan luar angkasa (biasanya merupakan bagian dari angkatan udara). Bahkan ada kecurigaan bahwa NASA sedang mengembangkan pesawat tempur luar angkasa dengan nama X-37B. Menegaskan kemungkinan peperangan didarat, laut dan udara bisa terjadi lebih jauh lagi, apalagi ketika saat ini penerbangan komersial luar angkasa sedang dirintis tentunya dibutuhkan pengamanan – pengamanan jika telah terwujud.

Jadi jika difilm garapan Jepang tadi lawannya adalah alien, tapi dengan kemungkinan – kemungkinan saat ini bisa jadi ini adalah peperangan antar negara. Perlombaan angkasa sudah pernah terjadi bahkan saat  ini sedang terjadi. Bagaimanapun luar angkasa yang belum dikavling – kavling memungkinkan siapa saja menguasai dengan menempatkan perangkat – perangkat luar angkasa mereka.

Ancaman dari spesies lain? mungkin saja ada hanya belum jelas sampai sekarang karena faktanya masih kabur dan cenderung ditutupi. Meskipun ada pada tahun 1950an seorang pilot angkatan udara Amerika Serikat mengaku pernah diserahi tugas untuk menembak jatuh UFO yang terbang dilangit Inggris. Ia diperintahkan untuk segera menembak tetapi UFO tersebut keburu menghilang dari pengejaran. Kesimpulannya insiden – insiden yang melibatkan kontak senjata dengan UFO hampir terjadi dan bukan hanya kejadian itu saja.

Tapi, ancaman terbesar kembali justru bukan dari UFO atau alien, justru manusia itu sendiri.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s