It’s Demotivational

Sebagai penyuka kisah – kisah misteri and mostly believe , bumi tempat kita tinggal masih menyembunyikan banyak misteri, tiada yang lebih misteri daripada kedalaman hati. Lah kok jadi kesitu?!!!.  Masih banyak misteri dunia yang belum bisa ditemukan jawabannya dan I do believe we’re not alone in this universe.

Sehingga setiap berita mengenai makhluk misterius, fenomena aneh, alien dan UFO menjadi santapan wajib yang perlu diperbaharui terus menerus. Kemisteriusan sesuatu menjadi sebuah kunci yang membuat kita penasaran dan selalu ingin tahu kebenaran dibalik semua hal yang diberi label “unknown”. Pun karena hal ini berada diareal abu – abu, belum jelas, dan kita hidup dipenuhi dengan teori – teori ilmiah, misteri menjadi sesuatu yang asyik untuk dikaji.

Memanfaatkan hal tersebut banyak orang akhirnya membuat kisah khayalan alias hoax. Silahkan cek youtube banyak sekali pengunggah video – video dengan judul bigfoot, strange creatures dan lainnya yang alih – alih membuat kita percaya malahan menurunkan tingkat kepercayaan seseorang pecandu misteri meskipun dengan berusaha meyakinkan dengan pengambilan video secara amatir.

Bahkan hal ini sudah menjadi industry. Banyak sekali acara – acara televisi dalam dan luar negeri mengusung tema misteri. Penampakan dan hantu menjadi tema favorit televisi dalam negeri. Meskipun ada satu acara yang mencari makhluk dalam batasan cryptozoology. Acara – acara televisi luar negeri seperti Finding Bigfoot, Alaska Monster, Ancient Aliens, In Search of Giants adalah beberapa program yang mengetengahkan hal – hal misteri.

Bagi para penikmat misteri ini seperti tontonan wajib. Ditunggu setiap jadwal pemutaran, kehilangan satu episode rasanya kehilangan sesuatu yang berharga. Walaupun pada akhir acara kita masih belum mendapatkan jawaban pasti mengenai hal yang dibahas.

Namun tanpa disadari bahwa jika program – program yang ada ditelevisi selalu berkaitan dengan rating, beberapa program justru terjebak dan menyajikan episode yang sangat Nampak didramatisir alias menggunakan skenario. Pastilah semuanya ada skenario tetapi sampai penampakan makhluk misterius merupakan bagian skenario maka yang ada penonton akhirnya malah mendapatkan sesuatu yang hambar. Tak jauh berbeda dengan rekaman keisengan seseorang diupload di youtube.

Seharusnya ya biarkan hal itu menjadi misteri. Toh seperti finding bigfoot (actually find nothing) yang setiap episode selalu gagal menangkap fisik,  hanya suara – suara yang diyakini BRFO sebagai bigfoot, masih dapat dijadikan suplemen karena adanya fakta – fakta yang dikupas. Biarkan penonton larut dalam misteri tanpa script.

Mencoba mengupas dengan logika non pembuat naskah ataupun produser acara alias sebagai penonton, memang membahas hal – hal misteri yang masih belum dapat disajikan jawaban pasti adalah hal yang sulit. Menemukan bigfoot, nessie, alien bagai mencari jarum ditumpukan jerami dengan rasio 1:1.000.000.000.000.000 (this zero can go forever) alias sulit bingitttss. Makanya perlu dibuat script yang secara misterius menghadirkan sosok atau fenomena yang dicari.

Seperti disebutkan diatas bahwa ini sudah menjadi bagian industry, bukan hanya televisi tetapi juga perfilman, seringkali para pembuat acara menyuguhkan program – program teatrikal dengan aktor dan aktris yang memang adalah para penggiat misteri, tentunya dengan level acting yang tidak bisa dinominasikan di Oscar sehingga keliatan banget menggunakan naskah. Alih – alih membuat percaya malah membuat keraguan. Bahkan beberapa diantaranya terlalu memaksakan sehingga terlihat bohong banget.

So bagi para penyuka dan penggiat misteri, bijak – bijaklah dalam menonton.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s