Terminator Genisys : Kisah Pada Putaran Waktu Yang Lain

220px-Terminator_Genisys

Skynet, software yang membinasakan umat manusia, 2 kali mengalami perubahan dalam peluncurannya. Jika masih ingat pada Terminator 2 : Judgement Day, software yang bisa berpikir dan bertindak sendiri, akan diluncurkan pada tahun 1997. Namun masih bisa dicegah oleh Sarah Connor (masih diperankan Linda Hamilton dengan body atletisnya) dibantu robot model T-800 yang diperankan (sampai saat ini) oleh Arnold Schwarzenegger.

Film ke 3 dengan tajuk Rise of The Machines, John Connor yang telah beranjak dewasa dan menjadi pelarian bersama calon istrinya dimasa depan gagal menghentikan Skynet untuk online dan mengawali perang dengan peluncuran bom nuklir. John Connor setelah berlindung di Crystal Peak akhirnya memulai pemberontakan terhadap mesin bersama sang calon istri. Itu dikisahkan terjadi pada tahun 2004.

Namun di film kelima, Terminator Genisys, kiamat mesin itu terjadi pada tahun 2017. Memang membingungkan jadi sebenarnya kapan Skynet mengawali perang terhadap manusia. Bahkan namanya pun difilm ini adalah Genisys bukan lagi skynet. Bukan pula digarap militer tetapi digarap perusahaan software yang menjual software dengan fasilitas sinkronisasi terhadap berbagai peralatan elektronik.

Ini adalah, mungkin, sebuah alternate story. Kisah yang berbelok. Kenapa berbelok? karena baik dari Terminator 1 hingga yang terbaru, dikisahkan ada sebuah peralatan yang mampu mengubah jalannya sejarah yaitu mesin waktu. Bahkan hadirnya sosok Kyle Reese (muncul di Terminator Salvation) yang pada tahun 2017 masih anak – anak, tetapi dimasa depan adalah tangan kanan John Connor nyatanya adalah ayah dari John Connor. John Connor lahir tahun 1984, sedangkan bapaknya lahir sekitar tahun 2005 jika merunut pada kisah tersebut.

Well, awalnya agak membingungkan menonton Terminator Genisys, kita yang menonton harus mengurutkan kerangka waktu sendiri sambil mengingat – ingat kisah di film – film terdahulu. Hal yang membingungkan adalah peran Arnold Schwarzenegger sebagai robot T-800 dikisahkan telah mati di film pertama dengan plot waktu tahun 1994, dan di film kedua dengan plot waktu tahun 1997. Tetapi di film kelima diceritakan bahwa model T-800 telah menemani Sarah Connor sejak usia 9 tahun. Tahun 1994 saja Sarah Connor berusia remaja.

Namun meskipun berbelok – belok dan mengusutkan ingatan film terdahulu, aksi – aksi yang ditawarkan film ini tetap menghibur. Rasanya inilah yang memang menjadi daya tarik utama film kelima ini ketika T-800 bertempur melawan T-1000  dan T-3000 yang merupakan John Connor setelah ia ditangkap dan dirubah menjadi mesin.

Meski sosok T-1000 yang diperankan Lee Byung Hun kurang bisa menyamai sadisnya T-1000 ketika masih dibintangi oleh Robert Patrick berubah bentuk  bahkan Kristanna Loken  di film ketiga tetap kalah mengesankan dibandingkan ketika T-1000 pertama kali muncul difilm kedua.

Ada lagi yang membingungkan, diakhir kisah Genisys alias Skynet berhasil dihentikan. Hanya saja tidak diceritakan apakah Kyle Reese dan Sarah Connor akhirnya menikah dan mengandung. Karena difilm pertama Kyle Reese telah diceritakan bertemu Sarah Connor dan diakhir kisah Sarah Connor mengandung. Jadi seharusnya John Connor belum lahir.

Inilah kisah yang memutarbalikkan waktu dan yang menjadi diputar – putar adalah waktu peluncuran Skynet. Jika difilm ketiga perang diawali tahun 2004 difilm kelima ini dengan cerita tahun 2017 perang berhasil dicegah. Apakah sebuah alternate ending atau akan ada kisah yang baru setelah ini?. Well kita lihat saja mudah – mudahan jikapun ada film baru nanti sesuai dengan frase baru dari Arnold Schwarzenegger “Old but not obselete”.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s