Rudolph Fentz, Petualang Waktu

Topik misteri adalah topik yang sangat mudah untuk menarik perhatian seseorang. Ketidaktahuan seseorang juga kesadaran akan banyak yang tak mudah dipahami dan diterima begitu saja dalam kehidupan membuat seseorang bisa sekejap percaya meski hanya isu yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Dengan dukungan perkembangan teknologi informasi, topik – topik misteri sangatlah subur bertebaran dimana – mana. Youtube adalah salah satu tempat bagi kisah – kisah misteri ini. Dari mulai kisah dimasa lalu, rekaman video sampai hanya rangkaian foto dalam bentuk video semuanya ada disini bahkan lengkap dengan narasi. Tentunya kemudahan seseorang mempunyai akun youtube dan mengupload video kreasinya sendiri adalah “pupuk” kisah misteri di youtube.

Namun berhati – hatilah jangan percaya secepat itu. Karena beberapa diantaranya, bahkan banyak, hanyalah hoax. Seperti penampakan bigfoot yang saat ini bisa dibuat lewat rekayasa CGI. Seperti pagi ini, saya mendapatkan video tentang , kalau diterjemahkan, bahwa keberadaan para pelintas waktu (orang yang memiliki mesin waktu) adalah benar.

Pada video yang berisikan rangkaian video dan teks narasi ini ada kisah yang menarik tentang Rudolph Fentz. Pria ini meninggal dalam kecelakaan lalu lintas pada pertengahan bulan Juni tahun 1950 di Time Square Kota New York Amerika Serikat. Polisi yang datang ke tempat kejadian berhasil mengidentifikasi korban yang bernama Rudolph Fentz. Pada pemeriksaan di kamar mayat, ditemukan beberapa benda pada dompetnya yaitu :

  1. Koin dari sebuah bar, namun bar tersebut tidak dikenali bahkan oleh para penduduk;
  2. tagihan untuk perawatan kuda dan kereta kuda dari sebuah istal di Lexington Avenue yang tidak terdaftar di buku alamat manapun;
  3. catatan bank yang sudah tua;
  4. Kartu nama atas nama Rudolph Fentz;
  5. sebuah surat yang dikirimkan dari Philadelphia ke alamatnya bertahun 1876.

Bahkan setelah dilakukan penyelidikan lanjutan, ternyata polisi lebih terkejut karena menemukan Rudolph Fentz adalah orang yang menghilang pada tahun 1876 dan belum ditemukan sampai ketika ia tewas pada tahun 1950 karena kecelakaan lalu lintas. Menurut laporan orang hilang, Rudolph Fentz ketika hilang pada tahun 1876 berusia 29 tahun. Berarti ia seharusnya pada tahun 1950 sudah berusia 103 tahun tetapi ciri – ciri fisiknya ketika tewas justru masih sangat muda atau tidak bertambah usia.

Cerita ini sangatlah menarik, apalagi sehari sebelumnya baru saja nonton (kembali) Back to the future – nya Michael J Fox. Penasaran, saya pun ngetik nama Rudolph Fentz dilaman pencarian Google dan hasilnya……ternyata ia hanyalah HOAX. Ia hanyalah kisah fiksi yang ditulis oleh Jack Fenney pada tahun 1951 dengan judul “I’m Scared“. Lantas bagaimana sehingga kisah fiksi karangan ini bisa mengecoh para penyuka misteri. Karena kemudian kisah ini menjadi urban legend sehingga ditularkan dari orang ke orang yang semakin banyak orang mengetahui kisah ini tingkat kebenarannya seringkali menjadi kabur dan samar.

Oleh karena itu, meskipun youtube memberikan fasilitas visual yang bisa sangat memanjakan para penikmat misteri namun harus sering dicek kembali karena bisa saja ini hanya sebuah karangan belaka.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s