San Andreas : Deserter Rescuer

san-andreas

He crashed the Los Angeles Fire Department Air Rescue’s helicopter, stole car, cloth and boat, also abandoned his duty to rescue people. He is a deserter.

Bukanlah contoh yang baik untuk seorang penyelamat namun film ini menawarkan sesuatu yang logis  bisa terjadi dan dilakukan ketika bencana alam mengancam nyawa terjadi. Setiap orang akan menyelamatkan dirinya sendiri tak peduli kewajibannya.

Dwayne Johnson memerankan Raymond Gaines, veteran perang Afganishtan yang melanjutkan karir sebagai tim SAR. Diambang sidang perceraiannya, ia terselamatkan gempa dengan kekuatan 9 skala richter akibat pergeseran lempeng San Andreas. Hanya seperti yang telah disebutkan diatas, ketika bencana alam terjadi ia tidak kembali ke kesatuan malahan kabur dari kewajibannya dan memilih menyelamatkan calon mantan istri dan anaknya.

Tidak ada hal baru sebenarnya ditawarkan film ini. Plot ceritanya mudah ditebak dan tipikal film – film bertemakan bencana alam dibalut dengan pesan keluarga. Mirip dengan film John Cussack, 2012.

Film ini memanfaatkan people’s awareness around the world after the Inca’s fail prophecy about the end of the world in 2012. Sadar atau tidak setelah tahun 2012 rasanya hidup kita saat ini hampir selalu diisi dengan berita bencana alam. Gempa bumi adalah yang paling sering terjadi, at least in Indonesia. Kita lebih aware akan hal – hal seperti itu. Efek 2012 masih dirasakan sampai saat ini.

San-Andreas-

Jika mengharapkan plot film ini lebih rumit maka tidak akan didapatkan. Ketegangan – ketegangan yang terbangun juga masih dalam taraf standar alias biasa saja. Ini film yang cocok ketika kita tidak ingin melibatkan pikiran ketika menonton. Ketika kita tidak mau ikut bertanya – tanya adegan yang akan datang selanjutnya. Bahkan ketika Alexandra Daddario, memerankan putri Raymond Gaines, dalam kondisi hidup – mati, mudah ditebak film membawa kita ke adegan dramatis ketika ia kembali bernapas.

Paul Giamatti yang memerankan Lawrence Hayes, ilmuwan Caltech yang akhirnya menemukan gejala – gejala ketika gempa akan terjadi, pun berakhir dengan ketidakjelasan walaupun ia bukan desertir seperti Raymond Gaines, karena meskipun nyawanya sempat terancam ketika gempa pertama terjadi di Hoover Dam, ia kembali ke kampus dan menyiarkan secara live di televisi prediksi gempa yang akan lebih besar terjadi, although it’s kind of late because it’s already happening.

Deserter, late warning from the scientist, and what else ya? oh the only thing Raymond Gaines rescued is his marriage.

It’s a appropriate movie to watch while you’re eating popcorn and perhaps little nap in the middle of the movie.

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s