Lelaki Dari Taured

image

Bandara Haneda Jepang. Tahun 1954. Pada hari yang panas semuanya tampak biasa saja. Aktivitas bandara pesawat lepas landas, mendarat juga berjalan normal.

Seorang pria menjalani yang baru saja turun dari pesawat uang membawanya dari Eropa hingga ke Haneda mendatangi pos imigrasi untuk pemeriksaan passport dan visa.

Semuanya tampak biasa saja sampai petugas menemukan bahwa pria ini datang dari negara yang tidak dikenal sama sekali. TAURED. Itulah nama negara asal si pria dan ia berkeras bahwa negaranya terletak di benua Eropa.

Tapi nama Taured tidaklah dikenal baik dalam peta dunia ataupun dokumen resmi lainnya. Saat petugas imigrasi menunjukkan peta menanyakan kepada si pria dimana letak negaranya, pria tersebut menunjuk satu lokasi. Hanya saja itu bukanlah Taured tetapi Andorra dan merupakan negara yang diakui diseluruh dunia.

Pria yang mampu berbahasa jepang dan beberapa bahasa lainnya berkeras bahwa itu adalah Taured. Cap dan lambang yang tertera di dokumen perjalanannya bukanlah milik negara Andorra. Passport nya telah penuh dengan cap dari negara – negara “nyata dan asli” yang ia pernah kunjungi. 

Semakin membingungkan petugas imigrasi, pria dari negara misterius ini menyatakan bahwa ia ke Jepang untuk melakukan bisnis dengan salah satu perusahaan Jepang bahkan ia pun sudah memesan hotel untuk maksudnya ini.

Tapi nama perusahaan yang pria itu sebutkan tidak dikenal dan terdaftar dimanapun. Bahkan hotel yang telah ia pesan juga mengaku tidak mendapatkan pesanan kamar.

Akhirnya ia ditahan oleh pihak keimigrasian Jepang dan ditempatkan disebuah hotel dengan penjagaan ketat petugas imigrasi Jepang hingga semuanya menjadi jelas.

Namun sebelum ia dapat diinterogasi kembali, esok harinya ia menghilang dari kamar hotelnya beserta seluruh dokumen perjalanannya pun ikut menghilang. Tanpa jejak dan bekas lenyap dari kamar hotel yang dijaga ketat.

Kisah ini ramai diperbincangkan sebagai makhluk dari dimensi lain yang terperangkap masuk ke dimensi manusia. Memang sangat membingungkan karena hingga saat ini tidak ada negara yang bernama Taured. Kisah semacam ini pernah pula terjadi pada era 1800an dengan nama negara tidak dikenal seperti Sakria dan Lizbia.

Walau sangat menarik kisah ini mempunyai banyak kekurangan. Pertama tidak ada catatan resmi dari pihak imigrasi Jepang mengenai kasus ini. Kedua catatan waktu peristiwa ini hanya menyebutkan tahun saja. Ketiga jika passportnya penuh dengan cap negara – negara resmi dan sah kita patut bertanya bagaimana ia bisa lolos dinegara lain.  Keempat tidak ada sumber jelas darimana kisah ini bermula sehingga mirip urban legend. Bahkan kabarnya hanya satu koran Jepang yang ketika itu memberitakan kejadian ini.

Layaknya kisah Rudolph Fentz si pelintas waktu yang ternyata bualan semata, selayaknya jangan lekas percaya dengan kisah pria dari Taured ini meski sangat memancing rasa penasaran.

Posted from WordPress for Android

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

2 thoughts on “Lelaki Dari Taured”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s