Angka 4 Untuk Belencoso

Angka 4 menjadi sesuatu yang keramat untuk Persib tahun ini. Bagaimana tidak, angka 4 sudah membuat dua orang dari klub berjuluk Maung Bandung ini berhenti dan diberhentikan. Kalah 4-1 melawan Bhayangkara Surabaya United, Dejan Antonic memilih mundur sebagai pelatih, dan kalah 4-0 dari Semen Padang, Juan Belencoso diputus kontraknya oleh manajemen.

Pagi ini di beranda akun media sosial, ada sebuah foto yang menunjukkan Juan Belencoso termenung di samping gawang dalam latihan Persib. Ia tidak diajak dalam gim internal dan menurut keterangan yang menyertai foto tersebut ia hanya sesekali melakukan peregangan yang berarti ia sudah tidak diajak berlatih.

Jika kita menurut perasaan rasanya tidak adil jika striker dengan kontrak termahal di Persib ini diperlakukan seperti itu. Namun fakta bahwa ia belum mencetak satu gol pun bahkan kesulitan melakukan shooting ataupun heading ke arah gawang lawan membuatnya tak bisa berkelit ketika Manajer, Umuh Muchtar, muntab mencari kambing hitam saat Persib kandas di Stadion Agus Salim Padang hari Senin lalu.

Melihat pada penampilan stiker Spanyol yang pernah menjadi topskor di AFC Cup ini memang menunjukkan ia kesulitan beradaptasi dengan taktik dan strategi pelatih baik ketika masih bersama Dejan Antonic atau saat ini bersama Djajang Nurjaman. Sebagai ujung tombak ia seringkali berada dalam posisi membelakangi gawang harus selalu jauh dari kotak penalti, ball keeping-nya mudah direbut, dan body charge juga tidak terlalu kuat. Ia lebih kepada tipe penyerang yang dilayani, petarung di kotak penalti. Soal dilayani inilah yang menjadi masalah karena Persib saat ini tidak mempunyai pengumpan yang handal. Winger – winger Persib seringkali tidak akurat memberikan umpan ke kotak penalti. Mungkin akan berbeda nasibnya jika Belencoso sudah ada ketika pemain seperti M.Ridwan, Firman Utina dan Makan Konate masih ada.

21-5.jpg

Justru dalam beberapa penampilan ia lebih berguna ketika memilih turun ke lapangan tengah pada posisi yang sering ditempat Robertino Pugliara saat ini. Pada posisi itu ia bisa menjadi pembagi bola yang baik. Penampilan lainnya yang membuat ia nyaman dan bisa mencetak gol hadir ketika Persib berlaga di Piala Segitiga Ciamis. Belencoso bisa mencetak 2 gol dalam 2 pertandingan sehingga ia mengatakan inilah gaya permainan yang cocok dengannya. Salah satu pujian ia sematkan kepada Febri Haryadi yang mampu menyajikan banyak umpan ke kotak penalti. Sayangnya di gelaran Indonesian Soccer Championship, Febri Haryadi belum sekali pun diturunkan.

Tidak beruntungnya Belencoso di Persib selain karena komposisi skuad yang tidak seimbang dibandingkan dengan gaya bermain saat ini, adalah juga belum ditemukannya strategi yang pas baik ketika ditangani Dejan Antonic dan Djanur sekalipun. Djanur saat ini masih mengadopsi formasi yang diterapkan oleh Dejan Antonic hanya menitik beratkan serangan dari sektor sayap. Sejak ditangani Djanur penampilan Persib terutama ketika membangun serangan masih labil.

Jika mau bersabar rasanya akan ada sesuatu yang bagus dihadirkan oleh striker Spanyol kelahiran tahun 1981. Bahkan jika mau fair, belum ada striker persib lainnya yang menunjukkan performa apik. Sergio Van Dijk baru mencetak 1 gol lewat penalti, Samsul Arif yang kerap terpinggirkan baru mencetak 2 gol. Masalah mereka semua sama belum nyetel dengan taktik dan gaya bermain yang masih dicari kemapanannya.

Hanya inilah Persib yang sering dilanda ketidaksabaran. Sehingga striker yang pernah satu tim dengan Diego Costa (Chelsea) ini harus cepat mengakhiri karir di klub yang pernah ia bobol pada babak 16 besar AFC Cup 2015.

 

 

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s