Format Baru AFC Cup : Banyak Juaranya.

AFC Cup 2017 merupakan AFC Cup edisi ke – 14. Kompetisi antar negara level 2 yang diselenggarakan oleh AFC untuk tahun ini menggunakan format baru. Pengelompokan klub berdasarkan zona wilayah, dan ada 3 final sesuai zona wilayah masing – masing merupakan perubahan paling mencolok di AFC Cup 2017.

Perubahan pertama, pengelompokan klub berdasarkan wilayah. AFC membagi klub ke dalam 5 zona yaitu :

  1. zona asia barat (West Asia) yang berisikan klub dari negara Irak, Suriah, Jordania, Bahrain, Libanon, Oman , Yaman , Kuwait dan Palestina;
  2. Zona Asia Tengah ( Central Asia ), negara yang tergabung ke dalam zona ini adalah Tajikistan, Turkmenistan, Kyrgyzstan, dan Afghanistan;
  3. Zona Asia Selatan (South Asia) yang dihuni klub dari negara India, Maladewa, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Pakistan dan Sri Lanka;
  4. Zona Asia Timur ( East Asia), yang dihuni Korea Utara, Taiwan, Mongolia, Guam, dan Macau;
  5. Zona Asean yaitu zona negara – negara Asia Tenggara

Dengan pemisahan klub berdasarkan zona ini pertemuan dua klub dari dua zona berbeda hanya terjadi pada babak Playoff pertama saja. Play off kedua sudah memisahkan klub sesuai zona masing – masing.

Pada babak grup AFC Cup 2017 Grup A – C diisi oleh klub zona asia barat, Grup D diisi oleh klub zona asia tengah, Grup E zona Asia Selatan, Grup F – H diisi klub dari zona asia tenggara, sedangkan zona asia timur menempati Grup I.

Jadi tidak ada lagi pertemuan antara klub Indonesia dengan klub Maladewa dengan format baru ini.

Perubahan Kedua, Setiap zona membuat semifinal dan final masing – masing terkecuali zona asia timur, asia tengah dan asia selatan karena hanya punya satu grup saja di babak grup, maka tiga zona ini akan bertanding di semifinal antar zona melawan juara zona asia tenggara.

Zona asia barat pada babak semifinal diisi juara grup A, Juara dan Runner up Grup B, dan Juara Grup C. Fase semifinal telah usai dengan hasil juara bertahan Al Quwa Al Jawiya Irak berhadapan dengan Al Wahda Suriah di babak final Asia Barat.

Zona asia tenggara yang diwakili 11 klub dari Filipina, Malaysia, Singapura, Kamboja, Myanmar dan Vietnam tersebar di Grup F, G, dan H juga telah menyelesaikan fase semifinal zona. Mereka yang bertanding di semifinal adalah juara dan runner up grup F, Juara grup G, dan Juara grup H. Pertandingan final zona asia tenggara mempertemukan Ceres Negros Filipina dengan Home United Singapura.

Setiap pertandingan final menggunakan sistem Home and Away.

Screenshot_4

Sedangkan klub dari zona asia timur, asia tengah dan asia selatan yang telah lolos dari babak grup ke fase semifinal antar zona adalah Bengaluru India, Istiklol Tajikistan, dan April 25 Korea Utara. Ketiga klub menunggu juara zona asia tenggara untuk kemudian bertarung di semifinal antar zona.

Setiap juara di semifinal akan bertanding di final antar zona dengan sistem home and away.

Pemenang final antar zona pada akhirnya akan bertemu dengan juara zona asia barat pada pertandingan bertajuk FINAL AFC CUP pada 4 November 2017 untuk menentukan juara sejati. Pertandingan final ini akan digelar satu kali.

Itulah dua perubahan mendasar pada AFC Cup 2017.

sumber : wikipedia.org

Advertisements

Published by

catatanbujangan

masih bujangan sampai saat blog ini dibuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s