Balas Dendam Nyi Miske part I

“Bapak…….aduh…..tingali hayam didahar ku ucing” ( liat ayam dimakan kucing)…..ibuku berteriak, kaget bercampur kesal..ayam goreng balado yang dihangatkan diatas pan penggorengan, digondol kucing, kita sebut saja inisialnya Cup ( nama samaran )……bumbu balado berserakan di lantai…..sampai ke tangga naik ke tempat jemuran…..

“da pintu belakang, udah ditutup, ga tahu kalo dia mau lewat pintu jemuran”……kata papa

sebelumnya, mama memang lagi angetin ayam balado itu…bakal makan siang….sebelum makan kita semua solat dulu…pintu belakang yang ke garasi ditutup untuk mencegah tingkal nakal kucing2 liar…..pas gw beres solat, gw sempet mergokin si Cup di ruang makan yang terhubung langsung sama dapur…gw kejar..dia pun berlari keluar……langsung deh gw tutup pintu ke garasi, karena sebelumnya gw yang terakhir wudlu dan nyimpen handuk dibelakang, lupa ga nutup pintu lagi……

masih aman, pikir gw….ayam balado masih utuh diatas penggorengan……sampai…..ibuku berteriak……

“eh eta geningan, kumetap keneh”…….ibuku mengejar si Cup yang ada diatas tangga, melet2 lidahnya tanda enaknya ayam balado….si Cup langsung lari…entah kemana…..

“eta teh anak si miske”…..Miske?!!! nama itu langsung membawaku menerawang pada sebuah teror, bagi kami warga jalan merpati…..beberapa bulan yang lalu…..

Miske, ya dialah ibu si Cup. kucing peliharaan seseorang yang memberontak menjadi kucing liar…..itu setelah dia hamil di luar nikah ( emang kucing ada KUA nya hehehe )……ketika Miske hamil, dia menjadi ancaman bagi rumah – rumah dijalan merpati. bagaimana tidak…hampir setiap hari dengan perut yang tambah gendut dia keluar masuk rumah sekitar…tak pandang bulu…kadang mencari makanan, tak jarang pula untuk memilih tempat persalinan…sangat mengganggu…..jika pintu – pintu sudah ditutup..miske tak habis cara dia akan masuk lewat jendela…..sering penghuni rumah dibuat kaget karena Miske sudah ada didalam rumah…padahal semua pintu telah ditutup…..

akhirnya, bukan hanya pintu, jendela ikut2an ditutup….setiap pagi dan malam…….sungguh kami tersiksa…karena si aku yang biasa nongkrong ngadaweung dijendela kini tak bisa lagi…..

satu hal lagi…Miske tak takut manusia…..kalo dia masuk ke rumah seseorang…..lalu si penghuni rumah…mengusirnya….dia akan diam saja…sambil mengeong – ngeong…..ketika dia diseret keluar….kaki2nya mencengkeram kuat lantai……

ketika anak2nya sudah lahir, dia sering membawa mereka pindah dari satu rumah ke rumah yang lain…..suatu waktu diruang komputer yang sebelahan dengan adikku….aku sedang menonton film DVD bajakan….tiba – tiba…..”miauw”….samar2 kudengar…..suara lembut kucing…..dari arah kamar adikku….sempat tak kupedulikan…..namun suara itu terdengar lagi…..penasaran…akupun turun dari kursi…ambil posisi jongkok…..dan……astagfirullah……seekor bayi kucing…..merangkak dibawah tempat tidur adikku…langsung saja kuteriak….”MAMAAAAAAAAAAA, AYA ANAK UCING”..aku yang tak pernah suka akan kucing langsung minta bantuan……kucing apalagi anak kucing bagiku…seperti gremlin dalam fil steven spielberg..lucu tapi ganas…gilaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!

—–bersambung—————

Advertisements

coba pahami dirimu ( wanita )…..

susah – susah mudah kau kumengerti ( sedikit menyitir lagu Iwan Fals…cuma lirik belakangnya gw ganti )

untuk mengertimu, kadang dibutuhkan usaha ekstra, tapi terkadang usaha sedikitpun bisa membuat wanita bahagia…..makanya diawal gw bilang susah2 mudah….wanita itu menurut artikel yang gw baca punya sikap mendua, eits jangan dulu curiga, dalam artian dia bisa bilang tidak didepan kita tentang sesuatu misalkan pengen baju, makan dll, padahal dalam hatinya dia menginginkannya…

lelaki lah yang dituntut agar bisa membaca semua tanda2 itu…apakah benar2 menginginkannya atau memang tidak, dari jawaban, cara dia berbicara tentang sesuatu, pun pada saat kita berbicara…mau?? walaupun jawabannya tidak…kita harus bisa membaca hal  yang tersirat……sehingga kita tahu apa keinginannya…susah pasti…karena kita, para lelaki biasanya menerima langsung apa yang terucap….susah…..susah…emang susah……

ada juga misalkan ketika seorang wanita ingin sesuatu, dan membicarakan pada pasangannya….sebetulnya dia berbicara seperti itu ingin mendapatkan perhatian….kadang pasangan, si lelaki, melihat itu dengan serius,dan berusaha mewujudkannya…padahal kadang wanita itu cukup dengan dijawab ” iya”….cukup dengan itu….karena dengan jawaban seperti itu, membuat wanita merasa lelaki concern dengan apa yang ada dihatinya…..apalagi kalo diwujudkan….tapi kadang hanya butuh jawaban “iya” “oke” “boleh” yang diikuti dengan pembicaraan tentang apa yang diinginkan si wanita…..itu semua cukup…..

mudah  bukan?? tapi semua itu tersirat, tersembunyi…dan itulah susahnya….

pun bagaimana itulah yang akan menjadi tantangan sebuah hubungan, kadang kalau seorang lelaki sedang tidak ngeh, mungkin sedang lelah atau apa, dan jawaban yang diberikan salah, membuat si wanita merasa tidak ditanggapi, maka kekesalanlah yang akan muncul…..akhirnya lelaki juga yang harus menenangkan suasana hati wanita……cape pasti, susah pasti, tapi itulah tantangan dalam sebuah hubungan, dan disitulah sebenernya lelaki belajar memahami wanita….yang emosional nya lebih berperan….sering terhanyut dalam emosi….

memahami wanita itu susah – susah mudah, kita dituntut selalu waspada dan memahami suasana hatinya…..bisa membaca yang tersirat…bisa menerjemahkan apa keinginannya……

semoga tulisan ini bisa menjadi kajian para lelaki yang sering lelah menghadapi wanita, bisa menjadi daya tahan…bisa menambah khazanah berpikir lelaki……

memahami wanita itu susah – susah mudah sering melelahkan, tapi sekali kita pahami….wanita akan bahagia….dan dalam sebuah hubungan kebahagiaan satu pihak adalah kebahagiaan pihak lain…..

ciao ( dewasa banget ya bahasanya hahahaha)

secuil catatan lebaran

idul fitri 1429 H telah terlewati….perayaan lebaran kali ini dikeluarga gw cukup meriah….baik di keluarga bokap or nyokap…apalagi di nyokap yang beda banget ma sebelum2nya…..ada flying fox segala….api unggun…dah kaya pramuka outbond lah hehehe

namun, dibalik semua keceriaan itu, ada satu tanya yang mengusik…..”puasanya gimana?” terus terang, batal sih engga, cuma amalnya ga tahulah….jujur aja…..itu pula yang membuat gw nyesel……kenapa ibadah puasa tahun ini dirasa turun banget dari tahun kemarin….ancur lah…

ketika gw di mall…anter adek gw beli baju….gw pengen banget beli baju…..bagus2….cuma pas mau beli…dhatiku berkata…”emang puasa lo bener??”……duh malu banget…..kalo gw beli baju gitu….pengen ngrasain lebaran pake baju baru…padahal puasa gw kaya gitu….akhirnya gw ga jadi beli baju….malu…..lebarannya pengen…pdhal ibadahnya jelek…..

kembali ke fitri..hanya untuk orang2 yang benar2 beribadah pada shaum ramadhan…..

gw?? hanya gw yang tahu jawabannya…satu yang pasti gw nyesel….nyesel ga bener2 ibadahnya…..

Ya Allah pertemukanlah hamba kembali dengan Ramadhan…..

sssttt……aaaaauwwww!!!

wajah bapak itu tegang, mulutnya tertutup….bergetar menahan sakit…..matanya tajam menatapku…

selasa, 9 September 2008, sekitar pukul 11.30 WIB

berdiri didepan pintu masuk mesjid, memicingkan mata kanan melihat dari balik lensa kamera, apa yang sedang terjadi. masjid itu memang sempit, dalamnya memang agak luas, hanya saja posisi rumah itu didempet rumah hampir dari segala arah. hanya bagian barat saja yang tidak, karena berhadapan dengan jalan gang.

ruangan penuh sesak oleh ibu2 majlis taklim yang menunggu rombongan ibu2 PKK, pendek kata acara pun dimulai….untuk mengambil gambar dari sebelah utara susah, karena ibu – ibu yang duduk disitu buat kita harus berjinjit melewati mereka untuk mengabadikan momen, untuk mengambil gambar dalam posisi diam saja sulit.

akhirnya bapa2 yang ada disitu, rupanya DKM setempat, memberi tahu bahwa ada jalan memutar kesamping, sehingga nanti kita bisa mengambil gambar dari bagian timur, si pejabat yang akan diambil gambarnya pun menghadap ke kita.

oke deh, dilaksanakan sesuai saran mereka, dan benar saja, cukup leluasa untuk mengambil gambar, karena ada disitu ada pintu masuk yang besar dan ada 2 anak tangga, untuk masuk ke mesjid melalui pintu itu, karena mesjid itu lebih tinggi posisinya.jadi aku bisa diam dianak tangga agar posisiku sejajar dengan objek…

11.34 WIB…

Pejabat yang ditunggu2 mulai memberikan sambutannya, aku berdiri mematung, memegang kamera, mengambil gambar…cukup, pikirku…karena sudah beberapa kali kurekam isi sambutannya…kesana ah…ke jalan gang……

11:35:01 WIB

lambat laun aku mundur, kakiku menjejak pada anak tangga yang pertama…perlahan kuturunkan kaki kananku ketanah…tiba – tiba aku merasakan menginjak sesuatu, diiringi desisan aaauwwww, aku terdiam….

lama ku terdiam, aku berpikir, aku merasakan menginjak sesuatu dan ini bukan sendal yang banyak berserakan disitu, dan sepertinya aku mendengar suara yang lemah…..aaaaauuuuuwww, tapi jangan2 aku yang mengeluarkan suara itu……diam ku berpikir, banyak tanya dikepalaku…..posisi ku diam….akhirnya ku putuskan untuk menengok ke belakang…pelan…pelan……..

DUUUUUUUUUUEEEEEEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNNNGGGGGGGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

wajah tegang, mata melotot tajam ke arahku…..

kulihat seksama kakiku yang ternyata mendarat diatas kaki kanannya……

“aduh bapa punten, teu kahaja, abdi teu terang ( bapa mohon maaf, ga sengaja, saya ga tahu )”

“wios…wios…teu kunanaon (udah ga apa2)”sahutnya sambil menepuk pundakku, wajahnya tegar ketika dia mengucapkan itu, walau aku tahu dibalik itu sejuta rasa nyeri hinggap dikakinya……namun  wajahmu tegar pak…sambil berkali aku meminta maaf, kau tetap bilang sudah tak apa2, dan ketika ku injak kau hanya bergumam pelan aaaauuuwww, tak sedikitpun kau mencolekku bilang kakimu angkat….bodoh!!!! aku pun yakin kau punya kaki yang kuat……

11.45 WIB…..

selesai mengambil gambar kembali, aku pergi kesamping masjid…dan disanalah bapak itu berada duduk dikursinya…kakinya yang terinjak diangkat…sambil dipijit2…..keyakinanku akan kekuatan kakimu runtuh sudah..karena terbukti bapak kesakitan…..

11.47 WIB…..

“Abu…bapa2 dah difoto belum??” tanyaku pada rekanku

“belum” jawabnya

“cepetan foto…apalagi bapak yang itu soalnya tadi keinjek…..biar senyum lagi”……..

Lo jUal…..Gw Nawar Xp!!

lidah tak bertulang…saking lunaknya..mudah berkelit, pandai bermain kata…apalagi main lidah xixixixi…..maksudnya ngeles……dan terakhir jago nawar…apalgi kaum hawa…jagonya nawar se-jagat raya..kalo ada cowo yang jago nawar, itu sih perbandingannya cuma 1 : 5 ( menurut gw sih), kebanyakan cowo males nawar, dan langsung bayar berapapun harga yang dipasang…..dan gw salah seorang yang ga bisa, ga tega, dan males nawar…mungkin lidah gw bertulang kalo gitu atau lidah laki2 bertulang..hehehehe……

gw ngaku paling ga bisa sama yang namanya nawar, dari pengalaman gw selama ini, gw hanya akan menawar sekali, dalam artian nurunin harga aja, misalkan pengalaman gw beli gelang di malioboro, udah jelas2 tuh gelang satunya harganya 5000, cuma si penjual masang harga 7000, gw yang sok nawar langsung bilang..

“5000 satu ya, saya ambil 3″…dengan percaya dirinya…..si penjual cuma angguk2…sambil ngasihin gelang ke gw….padahal kalo gw mau sedikit, menegangkan urat leher, yakin da…10000 dapet 3…..ya gw menyalahi prinsip ekonomis nan dinamis, tapi gw ga tega..cuma dipikir si abang penjual ini udah dari pagi mejeng dipinggiran malioboro, diantara sekian penjual gelang, kita tidak tahu…udah berapa gelang yang kita jual…satu yang pasti, dia baru dapet satu…..pembeli yang ga bisa nawar alias gw….hehehe

sering dikasih cara – cara menawar yang baik dan benar :

1. sambil senyum2, tawar harga ampe setengah

2. rayu pedagangnya, ayo bang masa sih ga bisa ngasih segitu….

3. pertahankan keras dan bulatnya tekad waktu nawar, jangan sekalipun pedagang melihat kelemahan kita     dalam menawar

4. ngeleos, alias pura2 jaim dan pergi kalo pedagang ga ngasih harga yang kita mau, biasanya cara ini berhasil, hanya akan bermasalah kalo si pedagang sama2 jaim…

pembeli : “ya udah, beli ditempat lain aja, emangnya abang doang yang jual”

Penjual  : “ya sana…emangnya situ aja yang beli”

runyam kan?!! ga ada yang mau ngalah…ini bahaya…coba siapa tahu anak si pedagang sama anak si pembeli itu ketemu dan pacaran, terus pas ortunya ketemu..ehm…pembeli sialan, ehm penjual brengsek, akhirnya ga disetujui hubungan mereka….alhasil anak mereka hubungan backstreet alias jalan belakang soalnya kunci pintu depan mereka ga pegang..karena ga disetujuin mereka sepakat untuk kabur berdua, malam dingin hujan rintik, saat mereka berdua minta izin masing2 kepada orangtuanya untuk kabur..dengan berat hati ortu mereka mengabulkan dengan catatan 2 X 24 jam harus lapor, biar bisa disusul……akhirnya mereka berdua kabur, ditengah jalan sendal si cowo putus, akhirnya kata si cewe

“tuh, ada yang jualan sendal, kita kesana” kata si cewe

“berapa bang? ” tanya si cewe

” 20 rbu” kata si penjual

“yah mahal amat, 10 dah..”

“wah ga bisa neng, itu sih ga nutupin modal – modal acan”

“yah pelit bgt si abang”

akhirnya adu tawar menawar pun terjadi, saking serunya…ampe si cowok ditelantarkan, padahal kakinya dah kepanasan, gara2 sendal putus bin nyeker…..

“Ya, udah ga jadi” kata si cewe sambil narik tangan si cowo……

penjual apaan, gerutu si cewe, ga tahu diri udah tahu sendal murah dimahal2in, dasar ga tahu diri……sok lo..jualan aja sombong, iya kan say??….kata si cewe sambil terus ngegandeng si cowo….

“kamu ko gitu si….kamu ga boleh gitu, ma tukang jualan, gitu2 juga….usahanya halal, cari makan buat menghidupi keluarga, cuma selisih 10 ribu aja susah amat ngasih…kasih aja ke, kaki gw kan udah kepanasan, plis deh beli aja!!!!!..pokonya aku ga suka kamu ngomong kaya gitu”…..kata si cowo sambil melotot ke si cewe

“ih kamu gimana sih…udah jelas2 tuh sendal harganya murah, pedagangnya aja sombong ga mau ngasih…jaim kaya ga butuh duit aja, padahal 10 ribu aja dah cukup buat dia…teserah aku mau ngomongin dia kaya gimana!!!”..sahut si cewe

“kamu egois, kamu udah nyakitin hati aku, tiada maaf bagimu bibeh, kita ga jadi kabur, kita pulang aja…putus…putus….putus….” kata si cowo

“nyakitin hati kamu??” cewe kebingungan

“kamu ga nyadar, ortu gw kan jualan”

hah?!!!! cewe baru inget…..

“maafin ya sayang”

“ga ada, pokonya kita pulang…putus” kata si cowo

“ya udah pulang aja ya, tapi jangan putus, ato kalo ga kita jangan putus, terus kabur sampe perempatan depan aja, gimana??” kata si cewe nawar sambl matanya kedip2 manja…

“emangnya gw sendal ditawar2”

“ih jaim banget sih lo” kata si cewe

” ya udah, i’m sorry goodbye” kata si cewe

“goodbye too, i’m sorry too” sahutt si cowo

ehm benar2 tidak terpikirkan kalo semangat menawar ini sampe merasukke kehidupan asrama eh asmara..

ehm balik lagi ke benang merah…ada satu ketidak tegaan, dan ketidakuletan dalam diri gw soal tawar menawar, biasanya gw akan cepat menyerah mengikuti apa yang ditawarkan si pedagang…palingan gw cuma menawar ampe harga si pedagang…contoh….

“kang, berapa ini teh?”

“20 rbu”

“15 ya?” gw nawar…

“18 a abisnya juga” kata sipedagang

“ya udah 18 ya” sahut gw setuju…..

orang bilang, jangan mau harga asli selama bisa ditawar, ah tapi gw malas nawar..itung2 ongkos keringat angkut tuh barang ke tempat jualan aja……..

Terjebak…terperangkap!!!

awal ramadhan 1429 H, biasa masih adaptasi….soalnya ni hari pertama, duh lemesnyuaaaaaa!!!….ni pencet keyboard aja serasa ga napak…..tapi tetep semangaaaaaaaaaatttttttttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!

Kisah II…..

kalo soal kisah pas bulan puasa yang posisinya terjebak kayanya ga pernah deh….tapi ini kisahnya beres puasa, pas nya idul adha 1428 H kemarin.,….hari ke dua potong kambing.

disitulah gw bener2 ngrasa terjebak yang menyebabkan tubuh kita bereaksi negatif, hormon2 bekerja lebih cepat karena panik, dan perut mules…tapi yang ini mules beneran….so before read this story, jauh2 dari makanan, jangan sambil makan…takut ga kuat..membaca kisah yang satu ini… tapi camkan satu hal, bacalah dengan baik karena mungkin akan kalian alami karena ini menggugah rasa kalian sebagai manusia….

jadi pas hari idul adha…gw meliput solat idul adha dilapang merdeka, jadi keluar dari kebiasaan yang biasanya gw solat id sama keluarga di lapang tenis perana…..cuma karena dua orang peliput dapet M alias mencret2….jadi mau ga mau….walau pas hari -H….semuanya udah masuk, bisa meliput, tapi gw pikir tanggung ah..pengen ngrasain…solat dilapang merdeka,….beres solat id……trus kita meliput kurban dihalaman masjid agung sukabumi…sampe jam 11an kurang deh….perut gw asli udah keroncongan…lapar banget….belum makan apa2…..dari rumah…aduh….udah bener2 lapar deh…suaranya udah bukan kriiiuukkk lagi…udah “uuuKKK!!!” saking lemesnya ga ada tenaga..

akhirnya tugas liputan beres dengan perut kosong….gw tancap motor….pulang ke rumah..mampir dulu ke rumah sodara..cuma bentar langsung pulang….nyampe dirumah langsung gw bantai tuh ketupat…beresnya ngopi ABC susu sambil ngroko nikmatttt………ehm…….enak….enak….gw terlena dengan nikmatnya makan diteruskan dengan ngopi..tanpa tahu..bahwa ini semua akan membawa diri gw ke dalam pengalaman yang tak mungkin terlupakan….

besoknya….gw diajak maen ke bandung…..ma sodara2 gw…..udah ga semangat dari awal….mungkin emacam firasat ato apa…yang jelas dari kemarin gw ngarasa….mules…bolak – balik kamar mandi…..karena gw telat sarapan..masuk angin..udah lapar malah dianginin….jadi deh…masuk angin…….akhirnya gw ikut juga ke bandung, beres ngemail puisi gw buat temen gw, tuk dipajang diundangan nikahannya….gw sarapan, mandi….baru deh siap ke bandung…..

diperjalanan gw lebih banyak diem….yang pasti karena gw udah ngerasa mules ga pararuguh….duh pengen “dikeluarin”, tapi dimana..for your information sepanjang jalan dari sukabumi ke bandung…fasilitas wc umum, ga banyak….dan juga gw males….mesti pup…..diwc umum…takut kotor…iiiiihhhh…yaaaaakkkkkk…..jijay….akhirnya gw terus semedi di mobil…mencoba menenangkan pikiran gw….dari perasaan pengen boker…menjadi perasaan pengen belanja….namun, usaha itu sia2..soalnya gw nyadar kondisi dompet gw yang tidak akan bisa mengabulkan keinginanku…..gw terus semedi….mencoba tidak merasakan panggilan alam ini, gw coba merasakan panggilan vetty vera….yang gagal juga, karena dia terlalu lincah..loncat kesana kemari…

ada satu tips yang bakal dibagi..ketika tubuhmu menginginkan sesuatu yang bertema ke – wc – an….alihkan pikiran, jangan rasakan……tenangkan diri, atur napas, atur detak jantung kira2 100/70…..pokonya jangan rasakan kehendak tubuh itu….gw pernah nyoba hal ini kalo kebelet pipis….cukup manjur…..setidaknya ga ngompol sampai kita nemu wc….tapi kalo berhadapan dengan mules jurus ini kadang ampuh kadang juga tidak, ketahui dulu materi yang akan dikeluarkan( gw ga bermaksud jorok), padat atao cair….Yaaaaaakkkkkkkkkkkkssssssss, cuuuuiiihhhhhh…..nah kalo kalian suatu waktu berhadapan dengan yang cair…maka jurus ini gagal total…. justru kalo berhadapan dengan mules seperti ini, kalau ga bisa menghadapinya, jurus ini akan berbalik sama diri penggunanya…alias ee dicelana hahahaha……

singkat cerita, selama diperjalanan gw udah resah, keringat dingin…..request kita ke rumah bibi di cibeureum aja dulu…ga kuat nih,…..tapi ga jadi….soalnya gw pede bisa mengendalikan rasa mules ini.,…akhirnya kita parkir disalah satu mall di bandung, yang cukup INDAH……masuk ke basement….kita parkir mobil, yang lain pada naik ke atas…..mau belanja ke supermarketnya…sementara gw sama seorang sodara gw lebih memilih diam di pintu masuk basement…ngroko….gw sih sambil nenangin diri….

ga gw ga perlu ke wc, masih bisa ditahan,….kata gw dalam hati…walaupun saat itu lutut gw bergetar….saking kuatnya nahan….keringat dingin mulai bercucuran……roko udah ga jelas rasanya….duh mana mau jumatan lagi….(berhubung hari itu hari jumat)…gimana kalau….wah…..mulai bayangan yang engga,.,..gw kan ga bawa ganti….gimana kalo….pokonya udah kacau balau pikiran gw….namun akhirnya gw nyerah nyari wc juga….gw dah ga kuat nahannya….ga bawa ganti lagi…….ih ga mau…….akhirnya nemu juga wc dibasement, jadi ada satu jalan masuk, disebelah kiri itu wc laki2…..cuma ada 3 kamar…..sebelahn ya wc perempuan…ya kalo penasaran datang aja ke BIP hahaha…..

semua pintu kamar mandi laki2 ketutup, ada yang rusak dan ada yang dipake…yang dipake cuma 1….alias yang ada wc nya cuma 1….duh…..pintunya udah aga rusak, jadi bagian bawah yang nempel ma ubin itu aga kebuka..dan ada seseorang disana lagi didalam…seseorang dengan sepatu reebok….yang gw ngrasa sangat familiar……apakh itu KAU??!!soalnya KAU juga sering mules2….tapi tak mungkin……semoga bukan KAU…..

“a, yang itu ga bisa dipake kamar mandinya?” tanya gw ke petugas jaga wc, sambil agak breakdance…dan berkata..jangan keluar..jangan keluar..tahan…..

“ga, cuma yang ini bisa dipake”. kata dia……

duh udah “diambang pintu” ini, gw jalan mondar mandir…….mana si sepatu reebok lama banget……duh ga kuat…ga kuat…keputusasaan yang bikin gw nekat ngdatangin wc perempuan sebelahnya….
“Mba, boleh engga…?? ini saya udah kebelet, disana penuh” sambil tampang memelas kepada si penjaga wc….

“oh ( si Mbak aga bingung)…ya udah sok aja…..!!!” setengah hati….ngasih minta izin ke gw buat pake kamar mandi perempuan….akhirnya gw memburu kedalam…ada 3 pintu…gw pilih pintu tengah….masuk kedalam..langsung melakukan apa yang seharusnya kulakukan dari sejam yang lalu,…..

aaaaaahhhhhh…akhirnya lega…..tapi….gw bingung…gimana keluarnya…..ini kan wc perempuan…dan gw kan….sejenak lihat diri dan identitas….COWO!!!!…..bingung…bingung…bingung…apalgi didalam kamar mndi gw denger suara ibu2……aduh…mati gw….keluar dari sini..bisa gawat….digebukin, dibawa ke pos satpam….wah gawat….satu jurus jitu…gw dapet…pura2 “melambai” agak2 kemayu..pas gw keluar….sambil ngomong sama ibu2 yang kaget.”ih bu…kan kita sama2..hihihi ( maksud gw sama2 mules)…..

lama gw tunggu sampe keadaan sepi diluar sana….diam dalam hening…setelah gw yakin ini saatnya….gw buka slot pintu…..ga ada siapa2…jalan dikit…ih ada penjaganya tapi bukan yang tadi……..si penjaga ngeliat gw berjalan ke arahnya…keluar dari ruangan kamar mandi perempuan…..gw nunduk……merah abis…malu banget….

“yee..si mas , ko kesini si???” tanya si penjaga..sambil senyum2

sambil lewatin dia gw balik badan…
“tadi kebelet ga kuat, disana penuh” sambil terburu2…….hah aman….aman….tapi langkah gw dipercepat..takut ada satpam yang ngikutin.,…..hah…hah….aman……..aman…langsung gw lari ke lantai atas, nyamperin sodara2 yang lagi belanja…sekalian kabur………

terjebak…terperangkap!!!!

something from my past….

pernah ga ada dalam situasi ga mengenakkan….ga pararuguh…..mau lari tapi ga bisa….ketika keringat dingin mulai bercucuran, perut terasa ga enak..mules tapi bukan pengen boker )….yah i’d been in some……

kisah I….

ehm…sekitar tahun 2003, masih kuliah awal semester 5……waktu itu bulan puasa…..awal tahun 2003 kost gw diisi temen2 baru, mahasiswa S2,ada bang Jufri, Bang Taufik, bang Nizwar…nah temen2 mereka sering maen ke kostan gw, kostan bapa ateng, ada yang namanya bang Edi, masih banyak lagi…tapi ga akan lupa bang mir ( kita sebut aja itu untuk menjaga kerahasiaan) karena dia lah tokoh utama kisah ini…..

jadi mau mendekati akhir puasa 2003, waktu itu pas hari terakhir kuliah, ya setelah kaditu – kadieu heula, akhirnya pulang ke kosan, beres isya…..pulang langsung mandi, solat dulu, trus taraweh……kebetulan bang jufri, bang taufik, sama bang nizwar udah pada pulang ke Sumatra…jadi dilantai atas tinggal gw dan dilantai bawah ada Toni…..suasana malam itu sepi dan gelap…..ga seperti biasanya…pokonya anak2 dah pada ngerem dikamarnya…..padahal biasanya kita ngumpul begadang…..akhirnya ga ada temen, gw tiduran aja dikamar…sempet ngelirik jam udah mau 1/2 11 malem….

pas lagi enak tiduran…tiba – tiba…tok…tok…tok…pintu kamar gw diketuk….gw lirik jam dah mau jam 11 malem…siapa malam2 gini….biasanya kalo penghuni kost pasti ngetok pintu sambil panggil nama, tapi ini ko ngga?? gw dah waspada soalnya, kostan gw kan terbuka..pintu gerbang cuma setinggi pinggang plus ga pernah dikunci….jadi jalan masuk kamar yang berderet disamping rumah yang punya kost…jantung gw mulai dag dig dug dalam irama hardcore….gw intip dari jendela….”san” kata yang ngetok pintu…siapa ya..dia pake topi…pas gw telek2 oh bang mir….gw langsung buka pintu

muka pucat, tingkah panik..bang Mir langsung ngomong ” san nginep dirumah saya ya..” gw yang keheranan,diem…ngajak nginep??

“ada apa bang??” tanya gw

“ga, saya lagi butuh teman aja, ayo!!!” kata Bang Mir sambil agak maksa…

teman?? gw langsung ga enak hati…minta ditemenin malem2, kalo cewe si gw langsung siap grak!! nah ini cowo….mulai pikiran gw mikirin yang engga2….dalam hati merintih, bang aku normal!!!..cuma ga enak, dan gw inget si abang ini udah nikah, tapi tetep aja gw takut….gw bilang ya udah tunggu saya ganti baju dulu, soalnya udah setelan bobo …sambil nutup pintu….

“san, ayo…!!!” pas gw lagi ganti…..gw tambah takut…mules melilit….

akhirnya gw keluar, pintu gw kunci, lampu kamar ga dimatiin biar aman…turun ke lantai 1….gw tanya lagi “ada apa sih bang?”

“ga lagi pengen ada temen ngobrol aja” jawabnya

keluar dari pintu gerbang..jalan beberapa meter…..barulah dia mengucapkan sesuatu yang jujur dari hati sanubarinya…..yang ternyata merontokkan bulu2 kaki gw saking kagetnya…..

“SAYA DIGANGGU”

“DIGANGGU SIAPA?” TANYAKU

“DIGANGGU HANTU!!!!” JAWABNYA

Bujubuset, setan alas…*@#a@@***#####!!!! HAH?!!!gw kaget, asli 100 % lutut gw langsung lemes….jangan ditanya irama jantung deh…udah jelas…awut – awutan…berantakan…pengen lari…..tapi gw ga bisa…pengen bilang gw ga mau…juga ga bisa…..apalagi ditambah raut muka dia yang desperate banget….langkah gontai mengikuti ke kostannya….

pendek kata…gw udah dikamar kostannya….ga ada kursi, cuma kasur di atas lantai..sebalah kiri ada tumpukan buku ma gelas, teko….dibelakang ada kamar mandi…cukup enak juga kostannya, dalam hati buat ngusir rasa takut….cuma yang pasti auranya sangat menakutkan didalam kamar ini….ga tahu apa gw udah ke sugesti..cuma kerasa beda aja aura kamar ini…..

dia bikinin gw teh manis anget, sambil bla bla bla cerita…..dia nanya tentang pacar..gw jawab seadanya aja….akhirnya gw tanya emang diganggunya kaya gimana.

dia jawab ada sinar – sinar, terus suara gitu…gw tanya lagi ada wujudnya?? ( gw dah siap2 lari2), dia jawab engga cuma itu aja dari tadi…..gw menguatkan diri sambil baca2……dan akhirnya dia bilang bahwa gangguan itu kiriman seseorang…..

setelah lumayan lama ngobrol….akhirnya dia tidur duluan….gw boro2 bisa tidur…langsung aja gw ntn tv, sambil liat koleksi vcd nya…cari film yang agak2 hihihi…maksudnya biar ga takut….tapi gw mikir lagi…ntar saur gimana?? ya udah kepaksa diurungkan, plus film nya ga ada…..akhirnya gw putuskan untuk tidur…sebelumnya gw ke wc dulu……dag dig dug…pas buka pintu wc, soalnya gw dah sering denger cerita kadang2 setan muncul pas pintu kebuka….alhamdulillah ga ada…..

gw coba untuk tidur..sambil terus baca2….ga kerasa karena emang gw lagi cape…akhirnya ketiduran….

“san…bangun…sahur!!”…..kata si abang…….gw langsung bangun…dan pamit,…dia sempet nawarin buat sahur dikostannya..cuma gw tolak…alhamdulillah ternyata tidak terjadi apa2…..dia pun berterima kasih gw dah mau nemenin dia…..

pyuhh…sambil jalan ke kantin..subuh2…gw masih mikirin si abang tadi, terus terang perasaan takut sih masih ada…….

jam 5:15 pagi

gw dah dikamar, beres solat subuh siap2 tidur lagi…lampu kamar gw matiin…gelap!!!…….

mataku masih terpejam…tapi belum terlelap…..tiba – tiba pipi kanan gw serasa disentuh oleh sesuatu yang aneh….TAJAM….ya itu yang gw rasa,…..kaya ada sesuatu yang tajam menyentuh pipi gw…mulai deg2an lagi…rasa takut mulai meliputi…..duh apa ya?? gw beraniin diri pelan- pelan megang pipi gw…ga ada apa2…cuma rasa disentuh oleh sesuatu yang tajam itu masih ada…..sedikit2…..gw beraniin buka mata..lihat ke ujung tempat tidur…..pun ga ada apa2…..jadi ini apa dong??? masih diliputi misteri, gw terus baca2 mohon perlindungan ALLAH SWT…trus baca2…..tapi sesuatu itu masih ada……dan masih jadi misteri sampe sekarang!!!!!

——to be continued———