Bikin Video Karaoke Sendiri Yuk

20 03 2012

Menyimpang dari kebiasaan menulis tentang keseharian, sepakbola dan kisah misteri ( yang sudah jarang banget saya tulis ), saya ingin bagi – bagi tips tentang cara membuat video karaoke. Walau belum ahli cuman ya bisa share sedikit ilmu newbie tentang cara membuat video karaoke. Setidaknya memasukkan lirik lagu yang akan berjalan sesuai dengan si penyanyi.

Pertama yang harus dilakukan adalah mencari video clip lagu yang ingin kita buat karaoke. Youtube adalah sumber video clip. Untuk mendownload videonya saya rekomendasikan memakai browser Mozilla Firefox karena disana tersedia add-ons yang bisa digunakan untuk mengunduh video di youtube. Kawan bisa kunjungi page add-ons (tinggal diklik langsung) dan cari video downloadhelper, saya sediakan link langsung tinggal klik di sini. Add ke Mozilla firefox dan ikuti petunjuk pemasangannya.

Setelah terpasang di mozilla maka tinggal dibuka youtube pilih salah satu video yang disuka, video downloadhelper akan menyala dan tinggal diklik untuk download ( ada berbagai pilihan pengunduhan silahkan tinggal pilih yang mana ).

Kedua tentunya kita butuh software yang bisa memasukkan lirik kedalam video. Cobalah menggunakan AV Video Karaoke Maker silahkan klik disini. Setelah diinstal AV video ini akan meminta serial number. Karena ini edisi free maka yang kawan harus lakukan adalah mengunjungi page audio4fun di Facebook. Kita hanya diminta untuk me-like page tersebut untuk mendapatkan serial number ( biasanya ketika kita pertama membuka AV VIDEO KARAOKE MAKER maka akan ada kotak dialog yang berisikan direct link ke page Facebook. Oh jangan lupa untuk log in dulu ke Facebook ).

Ketiga. Kita butuh lirik lagu yang kita unduh. Tinggal tanya google maka banyak tersedia situs – situ penyedia lirik. Copy saja ke notepad atau Ms-Word.

Keempat setelah kita berhasil mendapatkan serial number dan kita bisa masuk ke AV VIDEO KARAOKE MAKER. Langkah selanjutnya adalah memulai “new project”. Akan ada toolbar disamping kiri untuk memulai new project.

Disini kita diminta untuk memasukkan video yang telah kita punya. Harus diingat bahwa biasanya video yang didownload melalui video download helper formatnya adalah .FLV. Sebelumnya kita harus meng-convert dulu video tersebut kedalam format .avi atau .wmv dll yang bisa terbaca oleh AV Video Karaoke Maker.

Kawan bisa menggunakan total video converter untuk mengconvert. klik di sini. Lalu untuk mendapatkan serial number aktivasinya kawan bisa berkunjung ke cyber-meong.net.

Setelah video sudah dirubah format maka pekerjaan kita bisa lanjutkan. Masukkan video tersebut ke AV Video Karaoke Maker dengan mengklik toolbar “new project”. Setelah berhasil dimasukkan maka akan tampak seperti ini :

Setelah itu masukkan lirik yang telah kita save dalam bentuk notepad atau Word.

Setelah lirik berhasil dimasukkan maka kemudian kita harus mencocokkan antara lagu dan lirik. Klik tombol play dan langsung kita klik menu synchronise yang ada paling atas pilih synchronise entire song atau secara mudah tinggal tekan F5 begitu tombol play kita klik.

Kemudian sambil mengikuti lagu kawan cocokkan antara lirik dengan lagu dengan menekan tombol set sampai lagu tuntas.

ini gambar langkah – langkahnya :

Setelah kita yakin bahwa lirik dan lagu sudah selaras maka tinggal klik tombol finish yang ada disamping kanan tombol set.

Selanjutnya adalah memasukkan background ( jadi tadi kita baru mencocokkan musik dan lirik saja ). Klik tombol Add background ( sebelah kanan tombol new project ) dan pilih kembali video yang kita pilih sewaktu memulai new project. Setelah selesai, lihat ke atas maka ada menu export. Pilih Export to file.

Setelah diklik akan muncul kotak dialog. Pada kolom paling atas kita klik dulu kemudian akan muncul kotak dialog lain yang mengkonfirmasi akan disimpan dimana video ( video karaoke ) tersebut dan nama file baru dari video tersebut.

Selesai dengan itu terus klik tombol start dan tunggu sampai AV Video Karaoke Maker menyelesaikan penggabungan antara video, musik dan lirik. Selesailah video karaoke buatan kita sendiri.

Jika ingin memutarnya di dvd player, kawan bisa gunakan dvd flick untuk membuat video dvd. klik di sini.

Petunjuk penggunaannya bisa dicari di google dan ini sangat mudah digunakan. Ini salah satu website yang menjelaskan penggunaan DVD FLICK klik saja INI.

INGAT..INGAT sebelum membuat dvd ganti dulu format video di DVD FLICK dengan PAL karena ini kebanyakan format yang bisa dibaca oleh dvd player di negara kita ( ikuti petunjuk lewat link tadi ).

Semoga bermanfaat yo…!!!

sumber : http://www.blog.fastncheap.com
http://www.cyber-meong.net

About these ads

Actions

Information

57 responses

10 04 2012
resti

masukin liriknya gimana? kan di save di word nah type yang diminta *txt. Gimana?

10 04 2012
catatanbujangan

dicopy yang dari word…buka notepad…trus paste disitu..save aja

22 02 2013
Joko Jabo

video karaokenya sih jadi,mas. bagus.
tapi masa’ musiknya juga hilang.
tolong yaaa?

28 02 2013
catatanbujangan

mesti pake software lain mas…kaya cool edit

19 04 2014
Pramudya Ksatria Budiman

Thanks ya udah dicoba ternyata work hehehe :D

24 05 2012
selvi

kok gak bisa ya sudah di convert ke file avi tapi gak kedetec nihh filenya

24 05 2012
catatanbujangan

coba ke wmv mba

24 05 2012
Saila Syafifa Mulyani

kok gak bisa sih

24 05 2012
catatanbujangan

coba wmv

1 06 2012
andi_b

bro, gue nyoba tapi teksnya kok gak timbul ya di video clip nya ?

2 06 2012
catatanbujangan

masa? udah export to file?

11 06 2012
atri

koq suaranya ga ilang ya? cara ngilanginnya gimana? apa harus donlot instrumentalnya?

11 06 2012
catatanbujangan

suara yang dimananya mba?

11 06 2012
atri

Suara yang nyanyi.. Kan kalo karoke cuman lagunya aja yg muncul.. He3

12 06 2012
catatanbujangan

oh iya..memang masih muncul…agak ribet prosedurnya untuk misahin suara yang nyanyi…mesti pake software lain..setidaknya ya bisa ikut bernyanyi aja dulu hehehe

13 06 2012
eko

Makasih tutorialnya
Bagaimana cara memperbesar font sizenya? Dari notepadnya udah di buat besar tapi di preview koq tetap kecil.
Makasih.

14 06 2012
catatanbujangan

coba diliat di settingnya av karaoke maker mas

14 06 2012
andrach

tuk nyocokin lagu ama lirik gmn?? aq nyoba tp cm 1 kata ajah yg muncul,, apa tiap 1 kata dinyanyiin harus mencet kata yg di lirik dan kli “set” y?? gak mudeng sama skali nih,,,

14 06 2012
catatanbujangan

iya setiap kata yang dinyanyiin harus diklik mas….

28 06 2012
Mnoeril Episode II

kok tiap berapa menit aplikasix kok kluar ya mas… knp????

28 06 2012
catatanbujangan

wah saya belum pernah..coba diuninstall dulu terus install ulang

2 07 2012
AHSAN

GK BISA INPUT FORMA AVI MA WMV, KNAPA Y??

19 07 2012
catatanbujangan

coba diinstal ulang dulu

17 07 2012
Ilham Uno

gie mana buat video nya nihm

19 07 2012
catatanbujangan

buat video? untuk latihan download aja video dari youtube atau situs lainnya…atau mau bikin sendiri juga bisa

21 07 2012
Rizqi

ada VIDEO nya gk mas…kalau ada biar lebih jelas jdi enk orng sambil memperatekkan….!!! kalau tulisan mah baca baca bosan…!!!

maaf..yo..

by ||| Rizqi ]|

22 07 2012
catatanbujangan

belum pernah nemu tuh mas

22 07 2012
lupanama

thank’s brow

30 07 2012
memet_metal

cara ngilangin suara vokal.y gmana??

31 07 2012
catatanbujangan

perlu software lain macam prolead

9 08 2012
Kyo

kenapa hasil video nya jadi jelek ya? mohon pencerahannya dong..
sama minta cara untuk ilangin suaranya. bisa kiim text cara nya ke email ane ya gan.. and21vamps@yahoo.com… tq,,,

16 08 2012
fikardo

ilanginnya pake tipe-X aja…:p

17 08 2012
catatanbujangan

hihi..sorry bro baru buka lagi..aneh ya kenapa ga bisa kedetek…coba diunistall dulu bro…

25 08 2012
catatanbujangan

bro memang hasil videonya agak burem..apalagi kalo diburning pake dvd flick…mungkin ada di proses konversi videonya…kalo untuk ilangin suara saya belum coba…coba disearch lagi di situs lain..kalo ga salah sih pake software lagi

16 08 2012
fikardo

bro… filenya gak kedetek ,,gua uda pake AVI,WMV,MPEG ttep gk bs
gmn ne ?? kasih solusi dong..!!

25 08 2012
jelantik

gambarnya jadi jelek yaah

25 08 2012
catatanbujangan

iya memang agak jadi burem….kalao diburning ke dvd pake dvd flick

29 08 2012
jojo

bro waktu di play baris pertama muncul lagi setelah baris ke dua berjalan,,
kenapa gak bisa langsung tampil baris ke 3 dari lirik ya??

30 08 2012
catatanbujangan

diulang lagi aja bro pas matching lirik sama lagunya…

3 09 2012
admin

terima kasih atas infonya

14 10 2012
Erid

bro, knapa kok hasil videony terbalik…

15 10 2012
catatanbujangan

waduh aku belum pernah kaya gitu bro…coba diulang lagi prosesnya

18 10 2012
reza

tengkyu mas… ane dah bisa…
pertama ane masukin bukan file video,tapi mp3 yang dah ane buat jadi karaoke,setelah sincronisasi, baru pada add background ane masukin file videonya….
ANYWAY tengkyu mas’e….

19 10 2012
catatanbujangan

sama2

13 11 2012
safaruddin

kok gak bisa buka file mpeg, avi, dat juga ya ………………….

9 01 2013
Dwi Sigit Sugiarto

Saya dah coba.. thanks mas bro… ini msh nunggu export… semoga lancar all..

10 01 2013
catatanbujangan

aaamiiin : )

27 01 2013
Gondo D'Lovebender

proses savingnya emang lama kayak gini ya mas bro????

29 01 2013
catatanbujangan

iya emang bisa beberapa menit

9 02 2013
Adila

kok .vmw atau .avi tetep gak mau ya?
bisa tolong bantu?

14 02 2013
catatanbujangan

kalao di unistall dulu gimana?

24 04 2013
Benny Subardja

Thank’s ya, saya coba n trnyata berhasil. Tp hasil kurang bagus ya, suara n gambarnya krg bagus.

12 05 2013
mayaswita

Lirik lagunya tdk bisa jalan spt d tmpt2 karaoke yak.. Susah bgt deh..thanks

7 07 2013
Sabadi

BERHASIL MAS,, thanks tutorialnya :)
jgn lupa mampir di blog ane..

8 07 2013
Pulau tidung

I like the valuable info you provide to your articles. I’ll bookmark your weblog and check again right here regularly. I am relatively certain I will learn lots of new stuff right here! Best of luck for the next!

13 07 2013
Pengemis

aku bisa…!!!!

23 11 2013
JuMi

thx bro tutorialnya.. mantap :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 740 other followers

%d bloggers like this: